Cegah Stroke dengan Rajin Makan Buah Tomat

Manfaat Buah Tomat untuk Mencegah StrokeTomat merupakan buah yang kaya akan nutrisi. Buah yang mempunyai nama latin Solanum lycopersicum ini sebenarnya adalah tanaman khas Amerika Selatan dan Tengah. Namun banyak juga tumbuh di Meksiko, Peru dan Indonesia. Buah tomat bisa dimakan langsung atau bisa juga untuk dibuat campuran salad, jus, sup dan makanan lainnya.

Salah satu kandungan nutrisi dalam buah tomat yang terkenal adalah lycopene. Lycopene merupakan antioksidan untuk mencegah pembekuan darah di otak yang menyebabkan stroke.

Antioksidan lain juga terkandung di dalam buah tomat misalnya seperti alfa-karoten, beta-karoten, alfa-tocopherol dan retinol. Dalam 100 g buah tomat terdapat 24 kkal energi, 1,3 g protein, 4,7 g karbohidrat, 1,5 g serat dan 0,5 g lemak.

Jika Anda rajin mengonsumsi buah tomat maka bisa mencegah risiko kanker prostat dan membantu menurunkan berat badan. Sedangkan kandungan vitamin C pada buah tomat dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Seperti yang disebutkan oleh Departemen Pertanian AS, seporsi atau satu cangkir tomat cincang mengandung vitamin C lebih dari 25 gram.

Tidak hanya itu, hasil penelitian juga menyebutkan bahwa tomat juga mengandung kalsium dan vitamin D yang bermanfaat untuk mencegah osteoporosis.

loading...
Cegah Stroke dengan Rajin Makan Buah Tomat | admin | 4.5