Cara Mudah Menghilangkan Bau Kaki Tidak Sedap Setelah Memakai Sepatu

Masalah bau kaki sering muncul pada orang yang sering memakai sepatu tertutup. Penyebab bau kaki adalah karena bakteri yang berakumulasi dengan keringat. Hal ini biasanya disebabkan karena memakai sepatu namun kaki masih dalam kondisi basah, sepatu yang memang jarang dibersihkan dan tidak dicuci dan bisa juga karena faktor gen, dalam hal ini memang keringat yang muncul di kaki saat memakai sepatu penyebabnya. Karena ada sebagian orang dimana meski ia memakai sepatu bersih sekalipun kaki tetap bisa muncul bau saat melepas sepatu.

Selain dengan menjaga kebersihan sepatu dan juga kaki, untuk cara menghilangkan bau kaki bisa dilakukan dengan menggunakan bahan-bahan tertentu. Apa saja itu?

Anda bisa mencoba cara menghilangkan bau kaki dengan menggunakan bahan yang berkhasiat menghilangkan bau kaki seperti berikut ini:

Cara Menghilangkan Bau Kaki dengan Cuka Apel

Cuka apel atau apple cider vinegar bisa menghilangkan bau kaki dengan cara mencampurnya dalam satu liter air hangat. Lalu, rendam kaki Anda selama 20 menit. Lakukan perendaman kaki paling tidak dua kali dalam sepekan. Semakin rutin semakin baik.

Cuka apel adalah bahan antibakteri karena mengandung asam asetat dan fenolat. Kandungan tersebut bisa menghilangkan kelebihan keringat pada kaki yang biasanya memicu bau kaki.

Cara Menghilangkan Bau Kaki Menggunakan Garam Epsom

Garam Epsom mengandung magnesium sulfat yang bisa menghilangkan bau kaki. Selain itu, kandungan dalam garam Epsom juga bisa membuat kulit kaki lembut dan mengurangi sakit pada peradangan kaki.

Cara menggunakan garam Epsom ini mudah. Anda cukup mencampurkan setengah cangkir garam Epsom dengan 10 cangkir air hangat. Lalu, rendam kaki Anda selama 30 menit. Untuk hasil terbaik, lakukan dua kali dalam sehari.

Cara Menghilangkan Bau di Kaki dengan Baking Soda dan Minyak Tea Tree

Anda bisa merendam kaki dalam campuran satu setengah sendok makan baking soda dan minyak tea tree (pohon teh) dengan air hangat. Rendam kaki Anda sekitar 15 menit.

Kandungan dalam baking soda dapat membunuh bakteri dan jamur serta membuat kaki Anda lebih lembut. Sementara minyak tea tree berkhasiat sebagai antimikroba atau antijamur. Selain itu, minyak esensial tea tree ini juga mengandung antiseptik dan antibiotik.

Cara Menghilangkan Bau Kaki dengan Teh Hitam

Teh hitam mengandung zat astrigent. Zat tersebut berfungsi menutup pori-pori kaki, sehingga jumlah produksi keringat pada kaki berkurang.

Cara menggunakan teh hitam untuk menghilangkan bau kaki adalah dengan merebusnya dengan air. Saat air sudah mendidih, angkat lalu diamkan sejenak. Ketika air mulai hangat, rendam kaki Anda selama 20 menit. Lakukan hal tersebut beberapa kali dan sepekan.

Cara Menghilangkan Bau Kaki dengan Air Lemon

Air lemon bisa mengontrol keringat berlebih pada kaki. Ketika Anda merendam kaki pada air lemon, pori-pori kulit akan mengecil, sehingga produksi keringat berkurang. Aroma segar lemon berfungsi sebagai deodorant alami, sehingga bisa menghilangkan bau kaki. Selain itu, kandungan asam sitrat dalam lemon bisa membunuh bakteri.

Cara Menghilangkan Bau Kaki dengan Pemutih Pakaian

Selain fungsi utamanya adalah untuk memutihkan pakaian yang kotor, cairan pemutih pakaian juga bisa kita manfaatkan untuk menghilangkan bau kaki. Caranya dengan merendam kaki dalam air yang sudah ditambahkan cairan pemutih pakaian selama lima sampai 10 menit setiap hari selama sepekan. Untuk membuat air rendaman kaki, tambahkan dua sendok makan pemutih untuk satu galon air hangat.

Selain itu bisa juga dilakukan dengan cara memberi beberapa tetes cairan pemutih pakaian ke dalam sepatu. Dijamin bakteri akan mati dan bau kaki pun tidak akan muncul untuk sementara.
Tapi hati-hati, penggunaan cairan pemutih pakaian ini bisa menyebabkan kaki kering. Untuk itu anda bisa mengatasinya dengan mengolesi kaki dengan baby oil.

loading...
Cara Mudah Menghilangkan Bau Kaki Tidak Sedap Setelah Memakai Sepatu | admin | 4.5