Cara Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Cara Cek Tekanan Darah TinggiMemiliki masalah dengan tekanan darah tinggi adalah hal yang berbahaya bagi tubuh. Karena tekanan darah tinggi adalah salah faktor risiko untuk berbagai jenis penyakit seperti penyakit jantung, stroke, dan serangan jantung.

Karena itulah, maka sangat penting bagi anda untuk senantiasa menjaga tekanan darah agar tetap normal. Untuk anda yang memiliki masalah dengan tekanan darah tinggi, anda tidak perlu khawatair. Laman Boldsky memberikan tips bagaimana membuat tekanan darah tinggi anda kembali normal.

Olahraga yang teratur
Rajin olahraga bisa membantu mengurangi stres dari tubuh dan juga menurunkan ketegangan. Hal ini juga membuktikan bahwa olahraga akan menghasilkan hormon yang membuat anda terbebas dari stres. Pasalnya, melakukan olahraga bisa mengurangi ketegangan dimana pada akhirnya ini akan menurunkan tekanan darah tinggi.

Selain stres, kelebihan berat badan juga bisa meningkatkan tekanan darah. Oleh karena itu, secara teratur melakukan olahraga sangat bermanfaat dan obat terbaik untuk menurunkan tekanan darah tinggi.

Konsumsilah makanan yang sehat
Kadar lemak dan kolesterol yang tinggi bisa memengaruhi tekanan darah seseorang. Maka dari itu, cobalah untuk menghindari makanan yang digoreng ataupun berlemak, karena itu bisa menyebabkan tekanan darah tinggi. Sebagai gantinya anda bisa coba makan buah-buahan tertentu, biji-bijian dan sayuran yang bisa mengurangi tekanan darah.

Kurangi rokok dan alkohol
Kecanduan terhadap rokok, tembakau dan alkohol sangat tidak baik untuk kesehatan. Mengonsumsi alkohol bisa menyebabkan tekanan darah bisa naik 5 sampai 10 mm merkuri. Begitu juga dengan kebiasaan merokok dan tembakau, hal ini juga bisa menyebabkan tekanan darah anda menjadi tinggi.

Kurangi garam
Garam mengandung sodium, dimana ketika kadar yang tinggi dari sodium ini bisa meningkatkan tekanan darah. Maka dari itu, untuk menurunkan tekanan darah tinggi secara alami anda sebaiknya jangan mengonsumsi garam lebih dari 5 gram per hari. Tidak hanya itu saja, namun anda juga perlu menghindari makanan-makanan yang mengandung banyak garam seperti keripik ataupun makanan ringan lainnya.

Lakukan cek tekanan darah secara rutin
Melakukan pengecekan tekanan darah secara rutin akan membuat anda menyadari fluktuasi tekanan darah, dan bisa segera mengambil tindakan jika terjadi perbedaan. Selain itu, melakukan cek tekanan darah secara rutin juga bisa membuat Anda memahami efek dari obat-obatan yang anda konsumsi selama ini.

loading...
Cara Menurunkan Tekanan Darah Tinggi | admin | 4.5