Cara Mengeluarkan Air yang Masuk Ke Telinga dengan Cepat

Air yang masuk ke telinga bisa jadi sangat mengganggu. Karena selain menyebabkan terganggunya pendengaran, seringkali bila air tertahan dalam telinga cukup lama juga bisa menyebabkan telinga menjadi terasa sangat sakit. Penyebab telinga kemasukan air biasanya terjadi pada saat mandi atau berenang.

Ada banyak cara untuk mengeluarkan air dari dalam telinga yang bisa dilakukan. Namun ada cara cepat untuk mengeluarkan air dari telinga anda.

Orang yang kemasukan air di telinga mungkin memilih cara menyekanya dengan cotton bud atau mengeringkannya dengan blow dryer. Tapi, apabila kapas masuk terlalu dalam bisa merusak gendang telinga. Dan penggunaan pengering ke kanal telinga dengan udara panas akan mencairkan kotoran telinga dan membuatnya mengalir ke kanal telinga, demikian yang dijelaskan seorang profesor THT di Harvard Medical School Steven Rauch, MD.

Rauch menjelaskan, solusi terbaik untuk mengeluarkan air dari dalam telinga adalah dengan menggunakan alkohol. Tabung telinga Anda, seperti kanal dengan lapisan lembut, kulit berminyak akan menyebabkan H2O berada di atas, mirip dengan cara air hujan yang menetes pada mobil yang baru di-wax. Anda perlu memecah permukaan yang tegang dan itu bisa dilakukan dengan alkohol, sehingga air akan keluar.

Caranya adalah dengan mencelupkan bola kapas ke alkohol, miringkan kepala Anda ke salah satu sisi dan peras cairan ke dalam telinga yang kemasukan air. Anda mungkin perlu memijat dari luar untuk membantu alkohol mengeringkan kanal.

Selanjutnya, duduk dan miringkan kepala ke arah lain sehingga air bisa mengalir keluar. Apabila tak berhasil air bisa terjebak di belakang kotoran telinga yang menumpuk. Anda perlu mendatangi otolaryngologist, yang dapat membersihkannya.

Itulah tips cara cepat mengeluarkan air dari dalam telinga sebagaimana yang dikutip dari laman Menshealth. Semoga bermanfaat.

loading...
Cara Mengeluarkan Air yang Masuk Ke Telinga dengan Cepat | admin | 4.5