Cara Mengatasi Rasa Mual “Morning Sickness” Pada Ibu Hamil

Mual merupakan gejala normal saat hamil, namun mual yang berlebihan bisa mengganggu dan berbahaya untuk kesehatan ibu dan janin. Ibu hamil perlu mewaspadai bila mual dan muntah yang terjadi berlebihan. Pasalnya, mual dan muntah yang berlebihan akan membuat ibu dan janin menjadi kekurangan gizi. Maka mual dan muntah ini harus dikurangi.

Mual dan muntah ini biasanya dialami oleh ibu hamil saat usia kehamilan trimester pertama, dan akan hilang dengan sendirinya saat memasuki trimester kedua dan ketiga. Untuk mengatasi rasa mual dan muntah pada ibu hamil, ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar tidak menimbulkan masalah pada ibu dan janinnya, serta tidak mengganggu aktivitas Anda.

Cara yang bisa Dilakukan oleh Ibu Hamil untuk Mengatasi Rasa Mual dan Muntah pada Ibu Hamil

Meski mual dan muntah adalah hal yang biasa pada ibu hamil, namun ada baiknya jika rasa mual dan muntah ini dikurangi. Berikut ini beberapa cara yang bisa dilakukan oleh ibu hamil untuk mengurangi rasa mual dan muntah saat hamil:

1. Mengubah kebiasaan makan
Ibu hamil biasanya akan sulit untuk mekan karena rasa mual, ini biasnaya terjadi pada kondisi awal kehamilan. Agar tidak menyebakan kekurangan nutrisi, jangan makan sekaligus dalam porsi yang besar, tapi cobalah untuk makan sedikit demi sedikit dengan porsi yang kecil namun sering.

Ibu hamil bisa coba makan 4-5 kali sehari dengan porsi kecil. Tujuannya adalah untuk mencegah perut kosong dan mempertahankan kestabilan kadar gula darah.

2. Mengonsumsi gizi yang seimbang
Saat sedang hamil, perbanyaklah makan makanan yang tinggi karbohidrat, dan tinggi protein. Jangan lupa, sebagai pelengkap gizi seimbang, konsumsi juga buah-buahan dan sayur.

3. Hati-hati saat bergerak
Hindari bergerak dengan gerakan refleks dan cepat, juga biasakan untuk bergerak secara perlahan. Jangan terburu-buru untuk bangun dan berdiri saat bangun pagi. Cobalah untuk duduklah sebentar dan bersandar pada tempat tidur. Setelah beberapa saat, baru bergerak perlahan dan berdiri.

4. Siapkan camilan
Kalau ibu hamil merasa mual saat bangun pagi, ibu hamil bisa menyiapkan camilan seperti biskuit yang menjadi favoritnya di dekat tempat tidur. Tujuannya adalah untuk menghindari perut Anda kosong.

5. Hindari makanan tertentu
Ibu hamil biasanya mempunyai daya penciuman yang lebih sensitif. Bau tertentu kadang bisa membuat ibu hamil jadi mual. Tapi hal ini bisa berbeda-beda setiap orangnya. Untuk menghindari rasa mual dan muntah, cobalah menghindari makanan yang berbau tajam, rokok, dan juga bau yang menyengat lainnya.

6. Minum jahe
Jahe tidak hanya bisa menghangatkan badan, tapi juga bisa berfungsi untuk meredakan rasa mual yang diderita oleh ibu hamil. Jika ibu hamil merasa mual, minum saja rebusan jahe sebanyak 250-300 mg sekali minum.

7. Mengonsumsi suplemen
Sekarang ini sudah ada banyak suplemen yang dijual untuk mengurangi rasa mual ketika hamil. Tapi untuk mengurangi mual, sebaiknya konsumsilah suplemen yang mengandung vitamin B6.

8. Menghirup aroma terapi
Saat rasa mual datang, tetesi tisu dengan beberapa tetes minyak esensial aromaterapi lemon atau jeruk mandarin, hiruplah tisu tersebut untuk meringankan rasa mual. Untuk memilih aromaterapi lainnya, Anda perlu berkonsultasi dengan pakar arometerapi karena ada beberapa aroma yang sangat tidak dianjurkan untuk perempuan hamil, bahkan bisa membahayakan janin.

loading...
Cara Mengatasi Rasa Mual “Morning Sickness” Pada Ibu Hamil | admin | 4.5