Cara Mengatasi Gigi Sensitif yang Mudah Dilakukan

Gigi sensitif ditandai dengan rasa ngilu yang muncul saat makan atau minum sesuatu. Gigi sensitif bisa membuyarkan nafsu makan seseorang. Karena ia harus menahan ngilu yang sangat saat minum es atau mungkin juga makan makanan asam.

Penyebab gigi sensitif adalah adanya penipisan pada email gigi (lapisan bagian luar gigi) sehingga lapisan tengah gigi (dentin) akan menjadi terbuka. Hal ini biasanya terjadi akibat dari penggunaan sikat gigi dengan bulu terlalu kasar. Gigi yang berlubang atau pembersihan karang gigi terkadang juga bisa menyebabkan gigi menjadi lebih sensitif.

Untuk cara mengatasi gigi sensitif, ada beberapa hal yang bisa dilakukan. Diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Gunakan sikat gigi dengan bulu lembut
  • Konsumsi buah apel untuk merangsang produksi air liur sehingga dapat resiko nyeri dan meningkatnya tingkat sensitivitas gigi.
  • Kurangi kebiasaan buruk yang melibatkan gigi seperti menggigit benda diwaktu senggang.
  • Kurangi konsumsi minuman bersoda. Kandungan asam dalam minuman soda bisa mengeroposkan email sebagai bentuk perlindungan gigi. Selain itu juga kurangi frekuensi konsumsi minuman atau makanan yang terlalu panas, dingin, asam dan atau terlalu manis.
  • Terakhir. Bila gigi sensitif yang anda rasakan tidak juga kunjung reda atau hilang, maka tidak ada salahnya untuk mengunjungi dokter gigi untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut mengenai penyebab dari gigi sensitif yang anda alami.

Nantinya bila ternyata ada bekas tambalan yang menyebabkan gigi menjadi sensitif, maka dokter akan mengganti tambalan tersebut dengan yang baru. Atau mungkin juga akan disarankan bagi anda untuk mengganti pasta gigi dengan pasta gigi untuk gigi sensitif.

O ya, soda kue ternyata juga bisa kita gunakan untuk mengatasi masalah gigi sensitif. Gigi sensitif disebabkan asam yang mengikis enamel gigi atau terbukanya akar gigi karena cara menyikat gigi yang salah. Dalam hal gigi sensitif karena asam, soda kue bisa membantu menertralisir pH mulut dan mengatasi gigi sensitif. Tapi laman Thehealthsite menganjurkan agar jangan melakukannya terlalu sering.

loading...
Cara Mengatasi Gigi Sensitif yang Mudah Dilakukan | admin | 4.5