Cara Mencegah Serangan Nyamuk Demam Berdarah Dengue atau DBD

Cara penyebaran penyakit demam berdarah DBD adalah melalui gigitan nyamuk Aedes Aegypti. Karena itu, mencegah perkembangbiakan nyamuk ini akan membantu meminimalisir kemungkinan serangan dan penyebaran demam berdarah.

Untuk menghindarkan berkembang biaknya nyamuk pembawa virus DBD, Aedes aegypti, ada sejumlah tanaman yang dipercaya dapat melakukan itu. Salah satunya adalah tanaman Zodia atau dalam bahasa latinnya Evadia suaveolens paling tidak disukai nyamuk.

Menurut Ahli parasitologi, Prof. dr. Saleha Sungkar, DAP&E, MS, Sp. ParK, keluarga Rutaceae ini mengandung zat evodia mine dan rutaecarpine yang efektif mengusir nyamuk.

“Ada banyak tanaman yang bisa mengusir nyamuk seperti lavender, sereh, talas, dan geranium. Tapi di antara tanaman itu, ada zodia yang baunya keras dan tidak disukai nyamuk. Letakkan tanaman di pekarangan untuk menghindari DBD,” katanya dalam acara Diskusi Panel Virus Zika di Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, Salemba, Jakarta, Rabu (17/2/2016).

Saleha menuturkan, zodia juga bisa ditanam di sela-sela bunga atau di antara semak belukar. Tanaman ini akan mengeluarkan aroma bila daun-daunnya saling menggosok.

“Hindari tanaman yang bisa menyisakan genangan air meski 1-2 cc karena nyamuk bisa berkembang biak di situ. Kita juga harus melindungi diri dari nyamuk dengan menggunakan baju dan celana panjang. Serta bila perlu gunakan penolak nyamuk seperti minyak telon, kayu putih, sereh, dan merk dagang lainnya yang iklan di tv,” pungkasnya mengenai acara alternatif pencegahan DBD.

Demikian sedikit informasi mengenai cara mencegah serangan penyakit demam berdarah dengan mengurangi perkembangbiakan nyamuk penyebab DBD, Aedes Aegypti, sebagaimana yang dikutip dari Liputan6.com.

loading...
Cara Mencegah Serangan Nyamuk Demam Berdarah Dengue atau DBD | admin | 4.5