Cara Mencegah Pilek atau Flu Saat Musim Hujan

cara mencegah flu dan pilekSistem kekebalan tubuh biasanya akan melemah saat terjadi perubahan musim. Salah satu penyakit yang sering muncul adalah pilek atau flu.

Virus pilek bisa menyebar melalui udara dengan mudah. Seseorang akan bisa dengan mudah terserang pilek jika tidak mempunyai kekebalan tubuh yang baik. Gejala awal pilek adalah demam, sakit tenggorokan, dan pusing.

Untuk mengantisipasi dan mencegah serangan pilek, berikut ini beberapa tips yang bisa Anda lakukan:

1. Rajin cuci tangan
Tangan adalah tempat yang banyak memiliki kuman. Mengurangi sentuhan ke mata, hidung, atau mulut akan mengurangi risiko kuman untuk masuk dalam tubuh dengan mudah. Cucilah tangan setelah menggunakan kamar mandi atau menyentuh benda yang dianggap tidak terlalu bersih. Selain itu, kurangi intensitas tangan untuk menyentuh wajah.

2. Istirahat yang cukup
Istirahat yang cukup setiap hari bisa untuk menjaga sistem kekebalan tubuh dan mempunyai kondisi prima sepanjang tahun.

3. Perhatikan nutrisi
Untuk membantu menjaga sistem kekebalan tubuhm, konsumsilah makanan sehat dengan banyak vitamin. Pastikan agar piring Anda selalu terisi dengan sayuran disetiap jam makan utama. Jangan lupa, konsumsi buah-buahan sebagai camilan sehat.

4. Rajin olahraga
Rajin olahraga secara teratur merupakan salah satu cara untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda.

5. Konsumsi vitamin
Saat pilek sudah terlanjur menyerang, cobalah untuk mengonsumsi vitamin atau makanan dengan zinc (seng). Kandungan zinc bisa mempersingkat masa pilek Anda, bahan ini mengikat partikel virus dan membantu mencegah virus berkembang.

Semoga informasi tentang cara mencegah sakit pilek di atas bisa bermanfaat.

loading...
Cara Mencegah Pilek atau Flu Saat Musim Hujan | admin | 4.5