Cara Mencegah Bau Mulut Saat Puasa

Cara Mencegah dan Menghilangkan Bau Mulut Saat Puasa RamadhanBau mulut dan napas tidak sedap seringkali dialami oleh orang yang sedang menjalankan ibadah puasa. Tentunya ini sangat mengganggu dan membuat kita tidak nyaman saat harus berbicara dengan seseorang dalam jarak yang cukup dekat.

Penyebab utama bau mulut adalah karena adanya bakteri glikoprotein saliva yang tumbuh pada biofilm, yaitu berbentuk lapisan yang melekat pada permukaan gigi.

Untuk menjaga kesegaran napas dan mencegah bau mulut selama puasa, ada beberapa langkah mudah yang bisa dilakukan.

Berkumur dengan obat kumur
Menurut Ketua Program Pendidikan Spesialis Periodonsia Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Indonesia (FKG UI), Drg Yulianti Kemal SpPer (K), berkumur dengan bantuan obat kumur bisa mencegah pelekatan glikoprotein saliva yang sudah ditumbuhi bakteri. Adapun jenis obat kumur yang sebaiknya digunakan adalah obat kumur yang mengandung chlorhexidine.

Bersihkan gigi dengan flossing
Menurut drg Yuniarti Syafril, pembersihan gigi dengan benang (flossing), turut membantu menjaga kesehatan gigi dan mulut selama berpuasa. Sebab, cara ini sangat membantu untuk mengangkat sisa makanan dan plak yang berada di sela-sela gigi. Untuk melakukan flossing sebaiknya sebelum sikat gigi.

Bersihkan lidah
Menurut drg Yuniarti Syafril, membersihkan lidah juga termasuk bagian penting untuk mencegah bau mulut. Setelah sikat gigi, sebaiknya lidah turut dibersihkan. Menyikat lidah sangatlah penting, karena dengan menyikat lidah, seluruh sisa apa pun yang bersembunyi pada papil-papil (tonjol) bisa terangkat. Umumnya, sisa-sisa dan bakteri mulut memang lebih banyak terdapat pada pangkal lidah.

Adapun untuk membersihan lidah bisa dilakukan menggunakan sikat gigi, alat pembersih lidah, atau benang pembersih.

loading...
Cara Mencegah Bau Mulut Saat Puasa | admin | 4.5