Cara Membersihkan Telinga Yang Benar

tips cara membersihkan telingaTelinga adalah salah satu bagian panca indera yang berfungsi untuk mendengar. Karena itu, agar fungsinya tidak terganggu, maka harus dijaga kebersihannya secra aberkala. Bila telinga kotor dan penuh bakteri tentu saja ini bisa menyebabkanberbagai macam infeksi berbahaya yang bisa berdampak buruk pada kesehatan dan bahkan mungkin juga akan mengganggu keseimbangan tubuh. Telinga memiliki bentuk yang unik, sehingga unutk membersihkannya tidak boleh sembarangan.

Cara Membersihkan Telinga Yang Benar

Adapun cara membersihkan telingan yang paling umum dilakukan adalah dengan menggunakan cotton bud. Namun berdasarkan penelitian yang dilansir dari care2.com, cara ini justru akan membuat kotoran telinga masuk dan terperangkap ke dalam. Belum lagi perilaku mengorek bisa mengenai gendang telinga dan tentu saja hal ini akan berisiko tinggi. Neurotologist Erika Woodson, MD dari Head and Neck Institute, Cleveland, Ohio pun menganjurkan untuk menggunakan baby oil saat membersihkan telinga.

“Membersihkan telinga menggunakan baby oil adalah cara yang paling aman serta mampu melembutkan dan menghilangkan kotoran telinga. Cara yang harus Anda lakukan adalah tuangkan baby oil ke dalam telinga, diamkan beberapa saat, dan kemudian berbaringlah secara miring untuk mengeluarkan kotoran. Lakukan secara rutin setiap minggu agar kebersihan telinga Anda menjadi maksimal,” jelasnya. “Selain itu pastikan pula bahwa baby oil yang Anda gunakan cukup bersih dan steril. Sehingga tidak ada kontaminasi bakteri yang masuk ke dalam telinga.”

Fungsi dan Manfaat Kotoran Telinga

Adanya kotoran telinga pun sebenarnya bukan tanpa manfaat dan fungsi, karena kotoran telinga sebenarnya diciptakan dengan tujuan untuk menangkap bakteri yang masuk ke dalam telinga. Maka dari itu, kita pun harus memperlakukannya secara hati-hati demi kesehatan dan kebersihan telinga.

Khusus untuk anak-anak yang masih kecil, jangan biarkan mereka membersihkan telinga sendiri. Pasalnya, mereka belum bisa memperkirakan bagaimana cara membersihkan telinga. Orang tua lah yang harus rajin membantu membersihkan telinga anak-anak.

loading...
Cara Membersihkan Telinga Yang Benar | admin | 4.5