Cara Deteksi Penyakit Diabetes Melalui Tanda pada Kulit

cara deteksi penyakit diabetesPenyakit diabetes merupakan penyakit metabolik yang disebabkan karena tubuh tidak dapat menghasilkan insulin (hormon pengatur gula darah) atau insulin yang dihasilkan tidak bekerja dengan baik. Penyakit ini bisa menyerang siapa saja baik muda maupun usia tua, gaya hidup yang tidak sehat dan asupan makanan yang tidak teratur menjadi penyebab penyakit diabetes.

Cara Deteksi Penyakit Diabetes Melalui Kulit

Bagaimana cara untuk deteksi penyakit diabetes ini? Diabetes ternyata dapat di deteksi melalui gejala yang timbul pada kulit, berikut cara deteksi tanda diabetes pada kulit seperti dilansir dari healthmeup.com.

1. Kulit Leher Kotor atau Acanthosis Nigricans

Kulit leher akan terlihat kotor dan berkerut, meskipun sudah dibersihkan. Inilah yang disebut dengan gejala dari resistensi insulin, bahwa tubuh tidak responsive terhadap insulin yang diproduksi. Akibatnya, kadar insulin akan terus meningkat dan akhirnya kadar glukosa pun ikut meningkat. Biasanya kulit leher yang kotor terlihat pada bagain sisi atau belakang leher.

2. Kulit Terasa Gatal dan Kering

Tanda penyakit diabetes pada kulit akan terasa gatal dan kering tanpa sebab, meskipun dalam kondisi cuaca lembab misalnya. Untuk mengatasinya, gunakan pelembab kulit dengan pH netral dan hindari menggunakan air hangat ketika mandi.

3. Xanthelasma atau Tanda Putih di kelopak Mata

Jika terdapat tanda putih terlihat pada kelopak mata atas, bisa diduga gejala dari diabetes. Jika hal ini muncul pada usia muda maka perlu melakukan tes darah. Untuk mengobatinya dapat menggunakan energy Laser atau energy frekuensi radio.

4. Vitiligo atau Bintik Putih pada Kulit

Dalam kondisi ini, tanda diabetes munculnya bintik-bintik putih terlihat pada kulit sama seperti penyakit Vitiligo atau auto-imun. Vitiligo akan muncul karena sistem kekebalan tubuh yang hancur karena penyakit Diabetes.

5. Infeksi Kulit yang berulang

Pada dasarnya diabetes mampu menurunkan kekebalan tubuh, seseorang dengan penyakit diabetes cenderung mengalami infeksi kulit, bakteri dan jamur yang secara berulang. Maka dari itu disarankan untuk tes darah secara rutin.

Demikian cara deteksi penyakit diabetes denga melihat gejala yang terjadi pada kulit, kunci utama agar terhindar dari penyakit ini yakni merubah pola hidup dan pola makan yang sehat, seperti memperbanyak konsumsi sayur dan buah dan olahraga secara rutin.

loading...
Cara Deteksi Penyakit Diabetes Melalui Tanda pada Kulit | admin | 4.5