Bukan Diet, Ini Cara Menurunkan Berat Badan yang Bisa Dicoba

Memiliki berat badan berlebih atau obesitas tentu bukanlah hal yang menyenangkan. Selain buruk bagi penampilan, kegemukan juga tidak baik untuk kesehatan. Karena ada banyak penyakit yang bisa mengancam pemiliki tubuh dengan berat badan berlebih.

Selain demi kesehatan, banyak orang berusaha untuk menurunkan berat badan untuk menunjang penampilannya. Tidak sedikit orang yang akhirnya menyiksa diri dengan menerapkan diet diet ketat dengan harapan bisa mengurangi berat badannya. Padahal, diet bukanlah satu-satunya cara untuk menurunkan berat badan.

Menerapkan kebiasaan sehat adalah cara terbaik untuk menurunkan dan menjaga berat badan. Bahkan meski neberapa dari kebiasaan itu terlihat tidak berhubungan dengan berat badan.

Cara Menurunkan Berat Badan Selain Diet

Berikut ini adalah tiga kebiasaan sehat yang akan memperbaiki mood dan menurunkan beberapa kilogram dari berat tubuh sebagaimana yang dikutip dari laman Women’s Health:

1. Lebih banyak tidur
Meski terdengar tidak masuk akal, namun saat seseorang kurang tidur akan sulit untuk memantau dan menjalan diet atau olahraga.

Dalam sebuah studi yang diterbitkan di European Journal of Clinical Nutrition, periset menghitung jumlah tambahan kalori yang dimakan oleh mereka yang kelelahan akibat kurang tidur. Hasilnya, partisipan yang tidur kurang jadi 5,5 jam per malam makan 385 kalori lebih banyak keesokan harinya.

Orang yang kurang tidur juga sering memiliki berbagai jenis makanan yang berbeda. Mereka akan melewatkan protein, dan malah makan makanan tinggi kalori.

2. Fokus pada tindakan, bukan hasilnya
Untuk hidup yang lebih sehat anda bisa memasak makanan sendiri. Dengan demikian anda bisa mengatur komposisi makanan tersebut.

Anda bisa menetapkan target, namun kemudian mundurlah dan tentukan tindakan yang dibutuhkan untuk mencapai target tadi. Sebagai contoh, bila anda ingin menurunkan berat badan, perkirakan secara masuk akal berapa lama waktu yang akan anda perlukan.

Lalu beralihlah pada tindakan dan perbuatan kecil yang bisa membantu mencapai target: berhenti minum soda, makan protein di setiap waktu makan, mengisi setengah piring anda dengan sayuran, dan lainnya. Tindakan-tindakan tadi perlu dilakukan secara konsisten untuk perubahan.

3. Berhenti menyiksa diri sehubungan makanan
Mengurangi porsi makan bisa membuat perut mengecil. Hal inilah yang dipercaya oleh kebanyak orang. Karenanya banyak orang untuk lebih menahan diri mengonsumsi makanan meski itu adalah hal yang sangat disukainya.

Makan seharusnya nikmat. Makanan juga menawarkan banyak hal selain nutrisi. Mereka mengisi tubuh dan pikiran. Makanan menciptakan percakapan, dan koneksi antar manusia. Dan pada akhir hari, satu makanan bisa menentukan kesuksesan anda.

Anda tidak perlu pusing bila saat keluar bersama teman lantas terlalu banyak makan dan minum. Fokuslah pada apa yang bisa anda lakukan setelahnya. Pusatkan perhatian pada ke mana anda akan melangkah, bukan apa yang telah terjadi.

Tiga hal di atas sama sekali tidak berhubungan dengan diet dan makanan. Memiliki pola makan sehat seringnya lebih berhubungan dengan otak dan pola pikir, dibandingkan dengan perut.

Saat anda memiliki pola pikir yang sehat, semuanya akan berjalan seperti seharusnya, dan berat badan anda pun akan turun.

loading...
Bukan Diet, Ini Cara Menurunkan Berat Badan yang Bisa Dicoba | admin | 4.5