Bila Telinga Kemasukan Air, Ini Cara Mengatasinya

solusi bila telinga kemasukan airTelinga bisa saja masuk ke dalam telinga tanpa sengaja saat kita mandi atau berenang. Bila sudah demikian, tentu rasanya sangat mengganggu. Selain menyebabkan pendengaran jadi terganggu, bila terlalu lama air tidak hilang dari dalam telinga (apalagi bila telinga jarang dibersihkan) terkadang bisa menyebabkan rasa sakit di telinga.

Cara Menghilangkan Air Yang Masuk Telinga

Untuk menghilangkan atau mengeluarkan air yang ada dalam telinga, bila dilakukan dengan beberapa cara. Berikut adalah beberapa hal yang bisa dilakukan bila telinga kemasukan air sebagaimana yang dikutip dari laman Healthmeup:

1. Miringkan kepala anda hingga sejajar dengan lantai. Selanjutnya, letakkan telapak tangan ke bagian telinga yang kemasukan air. Tekankan telapak tangan dengan lembut ke lubang telinga yang kemasukan air, kemudian lepas dengan cepat. Ini akan membuat tangan berubah menjadi vakum sementara yang membantu mengisap air keluar. Setelah air keluar sedikit demi sedikit, Anda bisa menggunakan korek kuping untuk membersihkan telinga.

2. Anda juga bisa menggunakan pengering rambut (blow dryer) untuk mengeringkan air dalam telinga. Pegang pengering rambut sekitar 25 cm di depan telinga, atur panas paling rendah dan kecepatan angin yang rendah. Setelah itu nyalakan dan biarkan anginnya masuk ke telinga, biarkan selama beberapa detik. Ulangi sesuai kebutuhan.

3. Sediakan seperempat cangkir garam dan panaskan dalam microwave. Setelahnya, letakkan dalam kain katun dan ikat dengan kencang. Letakkan kain tersebut di dekat lubang telinga dan biarkan selama beberapa menit agar garam menyerap air di dalam telinga.

4. Tutup mulut dan pegang hidung dengan tangan. Kemudian ambil napas panjang dan keluarkan udara melalui lubang hidung. Ini akan mengatur tekanan udara dan membuat saluran eustachian, sehingga mengurangi rasa tak nyaman pada telinga yang kemasukan air.

5. Hancurkan beberapa siung bawang putih dan ambil saripati di dalamnya. Ambil sekitar dua sampai tiga tetes sari bawang putih, kemudian masukkan dalam telinga yang kemasukan air. Tunggu selama beberapa menit, kemudian keringkan telinga menggunakan pengering rambut seperti cara nomor tiga. Ini akan mengeringkan air dalam telinga sekaligus menghilangkan rasa sakit akibat kemasukan air.

Namun bila ternyata setelah semua cara mengeluarkan air dari dalam telinga di atas tidak ada satu pun yang berhasil, maka segeralah meminta bantuan dokter. Jangan memaksakan diri untuk mengeluarkan air dari dalam telinga bila memang sulit dan sudah dicoba berkali-kali.

loading...
Bila Telinga Kemasukan Air, Ini Cara Mengatasinya | admin | 4.5