Berbagai Cara untuk Mengobati Batu Ginjal

Obat Batu Ginjal dengan Cara Banyak Minum Air PutihBatu ginjal adalah penyakit yang bisa menyerang siapa saja, baik pria ataupun wanita. Walaupun tidak ada penyebab yang spesifik dari penyakit batu ginjal, namun mengetahui jenis batu ginjal akan sangat membantu dalam menentukan pengobatan penyakit batu ginjal.

Pengobatan batu ginjal biasanya dilakukan sesuai jenis dan beratnya batu ginjal. Nah, seperti yang dikutip dari laman Healthmeup, berikut adalah cara pengobatan penyakit batu ginjal yang bisa dijadikan referensi :

Batu ginjal 5 mm
Biasanya dokter akan merekomendasikan kepada pasien untuk banyak minum air putih. Tujuannya adalah agar batu bisa lebih cepat keluar dari dalam tubuh melalui aliran urine.

Batu ginjal 10 mm
Biasanya dokter akan meresepkan obat-obatan yang membantu memecah batu ginjal tersebut agar dapat keluar dari dalam tubuh melalui urine.

Extracorporeal Shock Wave Lithotripsy (ESWL)
Adapun prosedur medis lain yang biasanya dilakukan untuk pengobatan penyakit batu ginjal adalah Extracorporeal Shock Wave Lithotripsy (ESWL). Selama menjalankan terapi ini, gelombang kejut yang melewati kulit perut akan membantu memecah batu ginjal dan keluar melalui urine.

Keyhole surgery
Ketika batu ginjal berukuran besar dan tidak lagi bisa dihilangkan melalui salah satu prosedur sebelumnya, maka biasanya dokter akan merekomendasikan operasi lubang kunci atau keyhole surgery. Operasi ini termasuk percutaneous nephrolithotomy, yaitu menghancurkan batu ginjal dengan bantuan alat endoskopi yang dimasukkan ke dalam ginjal melalui sayatan kecil pada kulit di daerah pinggang. Setelah batu ginjal sudah nampak, maka selanjutnya dipecah dengan lithotripsy.

loading...
Berbagai Cara untuk Mengobati Batu Ginjal | admin | 4.5