Beras Kencur Sebagai Obat Herbal Pegal Linu

Manfaat Beras Kencur untuk Obat Pegal Linu yang AlamiPegal linu membuat seseorang tidak nyaman beraktivitas sehari-hari. Pegal linu bisa menyerang daerah leher, punggung, lengan, kaki, serta pundak yang membuat tubuh merasa tidak nyaman dan mengganggu aktivitasnya sehari-hari.

Pegal linu bisa disebabkan oleh otot tegang karena pekerjaan yang terlalu berat. Atau bisa juga karena gerakan atau posisi yang menyebabkan otot tertarik. Selain itu, rasa tak nyaman ini juga dipicu jika seseorang duduk terlalu lama, kurang olahraga, salah posisi dalam beraktivitas, serta akibat emosi.

Sementara pegal-pegal di tubuh yang disertai rasa nyeri kemungkinan bisa disebabkan oleh beberapa faktor seperti adanya penumpukan asam laktat di otot, ketidakseimbangan mineral (kalsium, kalium, magnesium dan natrium) yang mengontrol antara kontraksi dan relaksasi atau bisa juga karena pengobatan tertentu yang bersifat diuretik. Kurangnya fleksibilitas tubuh, salah posisi tubuh saat mengangkat beban atau duduk yang mengganggu otot atau sendi di tubuh juga bisa jadi pemicu. Pegal linu disertai nyeri bisa juga karena ada kemungkinan akibat dehidrasi.

Nah, untuk Anda yang sering mengalami rasa pegal linu di tubuh, jangan khawatir. Rasa pegal-pegal tersebut dapat Anda atasi dengan menggunakan bahan alami yang mudah didapat, menggunakan rimpang kencur yang telah diolah menjadi minuman beras kencur.

Rimpang kencur yang mempunyai aroma spesifik tersebut mengandung pati, mineral, dan minyak asiri berupa sineol, asam metil kanil dan penta. Ekstrak metanol rimpang ini dapat melawan penyakit yang berhubungan dengan sistem syaraf.

Kencur bersifat antiinflamasi (antiradang) dan analgesik (penghilang rasa sakit). Kencur juga menghangatkan badan sehingga dapat melebarkan pembuluh darah. Selain itu, herbal ini juga bisa mengurangi letih dan menyegarkan badan.

Untuk membuat obat herbal pegal linu, tumbuk beras, kencur, jahe, dengan halus atau bisa juga dengan cara diblender dengan bantuan sedikit air. Selanjutnya rebus air bersama gula merah dan garam hingga mendidih. Masukkan beras, kencur, dan jahe yang sudah ditumbuk/blender halus tadi, lalu didihkan dan saring. Beras kencur siap dihidangkan.

Dengan membiasakan minum jamu beras kencur, tubuh akan terhindar dari pegal-pegal dan linu. Aktivitas sehari-hari Anda pun jadi lancar.

loading...
Beras Kencur Sebagai Obat Herbal Pegal Linu | admin | 4.5