Beberapa Kandungan yang Ada dalam Kulit Buah Manggis

Gambar Kulit Buah Manggis. Kandungan Kulit Buah ManggisPada awalnya, buah manggis ini hanya digunakan sebagai buah konsumsi saja. Namun dengan seiring berkembangnya jaman, berbagai penelitian telah dilakukan terhadap kandungan, manfaat dan khasiat buah manggis. Dan kini buah manggis tidak hanya sekedar dikonsumsi sebagai buah pencuci mulut, namun juga dikonsumsi sebagai obat. Pemanfaat buah manggis sebagai obat terutama adalah bagian kulitnya.

Dibalik rasanya yang sangat pahit, kulit manggis ternyata punya banyak sekali manfaat dan khasiat untuk mengobati berbagai jenis penyakit. Dalam kulit buah manggis terkandung air sebanyak 62.05%, lemak 0.63%, protein 0.71%, dan kandungan karbohidrat sebanyak 35.61%. Tidak hanya itu saja, kulit buah menggis juga memiliki kandungan seperti Xanthone yang merupakan antioksidan yang berfungsi sebagai anti-peradangan, anti-diabetes, anti-kanker, anti-bakteri, anti-jamur, anti-plasmodial, dan mampu meningkatkan kekebalan tubuh, hepatoprotektif.

Kulit buah manggis juga memiliki senyawa yang bernama tanin yang mampu menghambat enzim seperti DNA topoisomerase, anti-diare, hemostatik, anti-hemoroid, dan juga menghambat pertumbuhan tumor. Tidak hanya itu saja, kulit buah manggis juga memiliki kandungan Antosianin yang juga memiliki kemampuan sebagai anti-oksidan yang baik dan memiliki peranan yang cukup penting dalam mencegah beberapa penyakit seperti kanker, diabetes, kardiovaskuler, dan neuronal.

Adapun kandungan lain yang juga ada dalam kulit buah manggis misalnya anti-inflamasi (anti-peradangan), anti-kanker dan juga anti-mikroba terhadap beberapa bakteri seperti Staphylococcus aureus dimana bakteri ini sangat resisten terhadap anti-biotik metisilin.

loading...
Beberapa Kandungan yang Ada dalam Kulit Buah Manggis | admin | 4.5