Bahayanya Terlalu Sering Mengkonsumsi Minuman Energi

Gambar Minuman Energi. Bahaya Minuman BerenergiSesuai namanya, minuman energi adalah jenis minuman yang dibuat dan dikonsumsi untuk meningkatkan energi tubuh dengan cepat. Selain kemasan dan rasa yang menarik, minuman berenergi juga memberikan kesan keren pada remaja yang mengonsumsinya. Namun tahukah Anda jika terlalu sering minum minuman berenergi justru bisa berbahaya untuk tubuh?

Efek jangka pendek maupun jangka panjang berupa gangguan kesehatan akan menghantui Anda yang terus menerus mengkonsumsi minuman berenergi.

Untuk efek jangka pendek yang mungkin akan Anda rasakan setelah minum minuman berenergi misalnya dapat memicu kegelisahan, gugup, sakit perut, sakit kepala, sulit berkonsentrasi. Sulit tidur, dan sering buang air kecil. Sementara untuk efek jangka panjang dari minuman berenergi pun tergantung dari dosis kafein yang terkandung didalamnya, karena setiap minuman energi memiliki kandungan kafein yang berbeda, demikian seperti yang dilansir Livestrong.

Pada beberapa kasus, minuman berenergi yang mengandung lebih dari 500 mg kafein, setara dengan 14 kaleng minuman ringan berkafein lainnya. Tentu ini berbahaya dan dianggap racun mematikan.

Selain itu, bahan-bahan dalam minuman berenergi tidak diatur dengan baik. Bahan-bahan tersebut dapat menyebabkan efek samping yang serius seperti diabetes, gangguan perhatian, defisit hiperaktid, kejang, jantung, gangguan mood dan gangguan perilaku.

Efek jangka pendek dari minuman energi dapat berkembang menjadi efek jangka panjang. Kandungan besar gula dalam minuman bernergi bisa menyebabkan kerusakan pada gigi dan menyebabkan penambahan berat badan.

Dengan berat badan yang berlebih ini juga akan meningkatkan resiko terkait dengan kondisi kelebihan berat badan, seperti tekanan darah tinggi dan diabetes.

Karena kafein mengganggu penyerapan kalsium usus, maka minuman energi juga bisa menyebabkan masalah untuk pengembangan tulang yang kuat.

loading...
Bahayanya Terlalu Sering Mengkonsumsi Minuman Energi | admin | 4.5