Bahayanya Menggunakan Lensa Kontak

Lensa Kontak atau Contact Lens. Bahaya Menggunakan Contact Lens atau Lensa KontakSama seperti kaca mata, lensa kontak atau contact lens juga berfungsi untuk membantu seseorang dalam hal penglihatan. Selain itu, penggunaan lensa kontak juga dapat menjadi pendukung penampilan seseorang. Namun Anda juga perlu hati-hati. Pasalnya, lensa kontak juga bisa membawa risiko tinggi bagi bola mata penggunanya, terutama bila digunakan selama lebih dari 10 jam.

Penggunaan lensa kontak yang terlalu lama akan menyebabkan mata jadi kekurangan oksigen karena tertutup oleh lensa kontak, sehingga mata tidak dapat bernapas. Sebagai hasilnya, mata akan jadi terasa gatal dan kering, secara perlahan mata akan memerah, berair, dan penggunanya akan kesulitan untuk melihat jelas.

Mata memerah adalah gejala yang mengawali berbagai infeksi serius. Oleh karenanya Anda jangan menghiraukan gejala mata merah, karena itu bisa jadi Anda berisiko mengalami alergi permanen terhadap lensa kontak.

Saat mata menderita akibat kekurangan oksigen atau terjadi infeksi, mata mengalami peningkatan resistansi terhadap lensa kontak yang merupakan benda asing.

Yang lebih parah lagi, lensa kontak juga bisa menyebabkan kebutaan yang disebut dengan corneal opacity. Corneal opacity ini terbentuk akibat parut pada bola mata yang disebabkan oleh lensa kontak. Ini terjadi setelah berbagai infeksi dan trauma yang menimbulkan bercak-bercak parut pada kornea mata.

Corneal opacity terjadi secara permanen dan bisa menyebabkan pandangan menjadi kabur. Perubahan bentuk bola mata juga bisa terjadi akibat lensa kontak yang menempel seperti kulit kedua pada mata.

Cara terbaik menggunakan lensa kontak untuk mencegah terjadinya kerusakan akibat penggunaan alat bantu penglihatan ini adalah dengan tidak menggunakan lensa kontak lebih dari delapan jam perhari. Selain itu, akan lebih baik jika Anda menyelingi pemakaian lensa kontak dengan menggunakan kaca mata.

loading...
Bahayanya Menggunakan Lensa Kontak | admin | 4.5