Bahaya Makan Daging Kambing Secara Berlebihan untuk Kesehatan

Sate Kambing. Kaibat Buruk dari Makan Daging Kambing Terlalu BanyakHari raya Idul Adha selalu identik dengan daging kambing. Pasalnya, pada hari raya Idul Adha itulah, banyak kambing yang disembelih sebagai hewan kurban untuk kemudian dagingnya dibagi-bagikan.

Daging kambing bisa dibuat menjadi berbagai jenis olahan makanan yang lezat, mulai dari sate, gulai hingga tongseng. Namun hati-hati, mengonsumsi daging kambing dalam batas berlebihan justru bisa mengakibatkan bahaya untuk kesehatan Anda.

1. Sembelit
Seperti yang diungkapkan oleh dr H Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH, MMB, FINASIM, FACP seperti yang dikutip dari detikHealth, Senin (14/10/2013), dampak langsung akibat mengonsumsi daging kambing secara berlebihan adalah sembelit. Nanti kalau sembelit susah buang air besar dan berdarah, maka akan mengakibatkan ambeien.

2. Memperparah penyakit GERD
Penyakit Gastroesophageal Reflux Disease (GERD) adalah penyakit lambung akibat refluks asam lambung, di mana asam lambung yang seharusnya tetap berada di perut, naik ke kerongkongan dan menimbulkan sensasi terbakar di dada. Mengonsumsi daging kambing secara berlebihan kemungkinan besar akan mengakibatkan penyakit GERD-nya tersebut akan bertambah parah setelah mengonsumsi daging kambing secara berlebihan.

3. Meningkatkan kadar lemak dan kolesterol darah
Kebanyakan mengonsumsi daging kambing juga bisa menimbulkan efek jangka panjang yaitu meningkatnya kadar lemak dan kolesterol darah. Sama seperti daging merah lainnya, daging kambing juga memiliki kadar yang lemak tinggi. Apalagi lemak hewani biasanya mengandung lemak jenuh.

“Lemak jenuh ini banyak mengandung lemak jahat yang bisa menumpuk pada dinding pembuluh darah kita. Selain lemak, daging kambing juga mengandung protein hewani yang dibutuhkan untuk mengganti sel-sel yang rusak dan sebagai zat pembangun,” jelas dr Ari.

loading...
Bahaya Makan Daging Kambing Secara Berlebihan untuk Kesehatan | admin | 4.5