Bahaya Buruk Akibat Dari Kelebihan Berat Badan Pada Ibu Hamil

Bahaya Kelebihan Berat Badan Pada Ibu HamilMenjaga kondisi kesehatan adalah hal yang sangat penting, termasuk juga bagi ibu hamil. Apalagi pada ibu hamil ini juga terkait dengan masalah kesehatan si ibu dan bayi yang sedang dikandung. Salah satu yang harus dijaga adalah berat badan. Ibu hamil harus menghindari kelebihan berat badan atau obesitas karena ini dampaknya akan sangat besar bagi kesehatan dan janin yang dikandung.

Seperti yang dikutip dari laman Boldsky, berikut ini adalah beberapa dampak buruk akibat dari kelebihan berat badan atau obesitas bagi wanita hamil.

1. Diabetes gestasional
Ibu yang sedang hamil yang bermasalah dengan kelebihan berat badan memiliki risiko lebih besar terkena diabetes gestasional dibandingkan ibu hamil dengan berat badan normal. Oleh karena itu, ibu yang sedang hamil disarankan untuk tetap menjaga berat badannya agar tidak berlebihan.

2. Rentan terkena infeksi
Pada ibu hamil yang mengalami obesitas, maka dia akan memiliki risiko yang lebih tinggi terkena infeksi saluran kemih. Jika ibu hamil mengalami obesitas, mereka juga akan berisiko mengembangkan risiko infeksi postpartum setelah persalinan, baik melalui caesar atau normal.

3. Jauh dari persalinan normal
Ibu hamil yang mengelami kelebihan berat badan akan sangat mungkin untuk mengalami persalinan tidak normal. Karena itu, ibu hamil yang mengalami obesitas biasanya akan membutuhkan alat bantu melalui vagina atau melalui bedah caesar untuk proses persalinannya.

4. Obstruktif sleep apnea
Bila mengalami obesitas, ibu hamil juga akan berada pada risiko lebih tinggi mengalami sleep apnea obstruktif. Tidak hanya itu saja, ibu yang kelebihan badan saat hamil lebih berisiko terkena komplikasi seperti trombosis, pre-eklampsia dan bahkan mungkin juga akan mengalami keguguran.

loading...
Bahaya Buruk Akibat Dari Kelebihan Berat Badan Pada Ibu Hamil | admin | 4.5