Apa Itu Penyakit Angin Duduk?

Gambar Orang Terkena Penyakit Angin DudukBanyak orang mengenal istilah angin duduk. Namun, apakah sebenarnya penyakit angin duduk itu?

Istilah angin duduk sebenarnya hanya dikenal oleh kalangan orang awam. Sama seperti dengan istilah masuk angin, dalam dunia medis tidak dikenal adanya istilah angin duduk. Entah dimana angin tersebut duduk, namun angin yang duduk ini jauh lebih berbahaya dibandingkan dengan angin yang masuk.

Angin duduk sebenarnya lebih identik dengan istilah untuk serangan jantung. Namun bukan sembarangan serangan jantung dinamakan dengan angin duduk. Hanya serangan yang langsung membuat jantung kelenger yang boleh disebut angin duduk.

Pada sejumlah kalangan, istilah angin duduk digunakan untuk menggambarkan gejala nyeri dada seperti rasa ditekan, keluar keringat dingin, perut kembung, ulu hati seperti ditusuk-tusuk sehingga menimbulkan rasa mual, dan dianggap lebih parah dari masuk angin biasa.

Di dalam dunia medis, istilah angin duduk mengarah pada penyakit jantung yang disebut dengan Sindroma Koroner Akut (SKA). SKA adalah salah satu manifestasi klinis dari Penyakit Jantung Koroner (PJK) yang utama dan paling sering mengakibatkan kematian.

Gejala awalnya berupa nyeri dada yang disebut angina pectoris, yaitu suatu sindrom klinis berupa serangan nyeri dada. Sejauh ini, penderitanya lebih banyak orang dewasa – terutama pria – yang tidak menjalankan pola atau gaya hidup sehat.

loading...
Apa Itu Penyakit Angin Duduk? | admin | 4.5