7 Tips Cara Meredakan Batuk Secara Alami

Gambar Orang Batuk. Obat Batuk Herbal, Obat Batuk Alami, Obat Batuk TradisionalBatuk sebenarnya bukanlah suatu penyakit, namun itu merupakan suatu tanda adanya gangguan dalam tubuh pada bagian pernapasan, hidung dan bahkan telinga. Batuk merupakan mekanisme pertahanan tubuh terhadap iritasi di tenggorokan karena adanya lendir, makanan, debu, asap dan sebagainya.

Batuk yang terjadi terus menerus dan tak kunjung reda tentu sangat menyebalkan, karen itu bisa jadi akan mengganggu kegiatan dan aktivitas sehari-hari. Nah jika Anda sedang mengalami batuk, Anda bisa coba mengikuti beberapa tips sederhana untuk meredakan batuk berikut ini:

1. Minum madu
Minum sesendok madu bisa meredakan batuk di maam hari, demikian sebuah penelitian membuktikannya. Tidak hanya meredakan batuk, madu ternyata juga bisa membuat tidur menjadi lebih nyenyak. Ternyata hal itu dikarenakan madu mengandung bahan efektif seperti sirop obat batuk namun lebih menyehatkan dan bernutrisi.

2. Minum air putih
Ketika kita batuk, lendir di tenggorokan sebenarnya menyumbat bagian pernapasan sehingga membuat penderita tidak nyaman. Untuk mencairkan lendir tersebut dan menjaga kelembapan membran tenggorokan, sebaiknya konsumsilah air putih sebanyak-banyaknya.

3. Permen obat batuk
Obat batuk kini tidak hanya tersedia dalam bentuk pil atau sirup, namun juga ada yang berbentuk permen. Coba pilih permen obat batuk rasa menthol untuk menumpulkan indra belakang tenggorokan dan meredakan batuk yang mengganggu.

4. Mandi air hangat
Mandi dengan air hangat juga mampu membantu Anda meredakan batuk. Selain itu, jika Anda menderita demam, alergi, dan asma, semua masalah tersebut pun mampu di atasi. Sebab air hangat yang menimbulkan uap mampu melembapkan kondisi tenggorokan yang kering akibat batuk.

5. Hindari menggunakan parfum
Beberapa orang bisa terserang iritasi sinus kronis jika menggunakan produk tersebut ketika batuk. Jadi ada baiknya jika Anda menghindari pemakaian parfum, deodoran, sabun, dan wewangian jenis apapun ketika batuk.

6. Hindari rokok
Hampir semua perokok pada akhirnya akan menderita batuk yang merugikan baik untuk diri sendiri dan juga orang lain. Jadi solusi terbaiknya adalah berhenti merokok selamanya.

7. Makan makanan sehat
Agar kondisi Anda bisa segera membaik, pola makan ketika batuk lebih baik dijaga. Hindari makanan manis, asin, produk susu, dan bertepung. Kemudian ganti makanan-makanan tersebut dengan sayur dan buah-buahan untuk menguatkan sistem imun.

loading...
7 Tips Cara Meredakan Batuk Secara Alami | admin | 4.5