7 Penyebab Bau Mulut Walau Sudah Menggosok Gigi

Penyebab Bau MulutTidak sedikit orang yang bermasalah dengan bau mulut. Bahkan, walau sudah menyikat gigi sampai bersih namun bau mulut tetap saja muncul.

Ketika kita tahu bahwa kita mempunyai masalah dengan bau mulut, ini tentu akan sangat mengganggu rasa percaya diri kita saat harus berbicara dengan orang lain dalam jarang yang cukup cepat. Lalu, apa sebenarnya yang menyebabkan mulut tetap bau walau sudah menggosok gigi?

Perlu anda ketahui bahwa ada beberapa penyebab bau mulut tak kunjung hilang walau setelah sikat gigi. Berikut di antaranya:

1. Masih ada sisa makanan yang terselip di mulut
Inilah alasan kenapa kita harus menyikat gigi dengan benar, karena walau ada sedikit saja sisa makanan yang masih tertinggal, itu bisa menyebabkan bau mulut.

2. Bakteri masih nempel di lidah
Selain menyikat gigi, kita juga disarankan untuk menyikat lidah. Karena bakteri yang ada di lidah juga bisa menumpuk dan berkembang yang pada akhirnya menyebabkan bau mulut.

3. Air liur dalam mulut kurang
Air liur juga berpengaruh terhadap bau mulut. Itulah kenapa orang yang berpuasa biasanya lebih bau mulutnya. Karena itu, perbanyak minum air putih atau bisa juga dengan mengunyah permen karet untuk memicu produksi air liur.

4. Kurang konsumsi karbohidrat
Pada saat tubuh kurang mendapat asupan karbohidrat, proses pembakaran dalam tubuh untuk menghasilkan energi akan digantikan oleh cadangan lemak yang disebut ketosis. Akibatnya, tubuh akan mengambil air lebih banyak dari bagian tubuh lainnya, termasuk juga air liur, dan hal itu akan menyebabkan mulut kering dan bau.

5. Kondisi medis
Beberapa kondisi medis seperti gigi rusak, adanya infeksi pernafasan, pencernaan atau penyakit hormonal bisa menyebabkan bakteri berkembang lebih banyak dalam mulut. Untuk mengatasi masalah bau mulut tersebut sebaiknya anda konsultasikan dengan ahlinya.

6. Stres
Stres biasanya berhubungan dengan masalah pencernaan dan bisa mengganggu kehigienisan mulut dan saraf-saraf di sekitarnya. Untuk menghindari stres, anda bisa coba dengan berlatih mengambil nafas dalam-dalam, jalan-jalan bersama binatang piaraan atau ikutilah kelas yoga untuk menghilangkannya.

7. Kebiasaan merokok
Kandungan zat kimia yang ada dalam rokok seperti tar dan nikotinbisa membuat nafas tidak segar. Pada saat merokok, kelembaban dalam mulut juga akan menjadi berkurang dan hal tersebut adalah gejala awal dari bau mulut. Selama anda masih punya kebiasaan merokok, maka anda akan tetap mempunyai resiko memiliki bau mulut.

loading...
7 Penyebab Bau Mulut Walau Sudah Menggosok Gigi | admin | 4.5