7 Makanan Sumber Zat Besi untuk Meningkatkan Darah dalam Tubuh

Roti, Makanan Sumber Zat BesiLemah, letih dan lesu merupakan ciri-ciri orang yang anemia atau kekurangan darah yang disebabkan oleh kekurangan zat besi.

Untuk mengatasi kekurangan darah, tidak hanya dengan minum vitamin, namun juga butuh makanan bergizi yang mengandung zat besi agar sel-sel darah yang mengalir dalam tubuh Anda meningkat.

Ada beberapa jenis makanan yang bisa Anda konsumsi yang bisa menjadi sumber zat besi untuk meningkatkan darah dalam tubuh, di antaranya:

1. Buah Bit
Buah bit atau beetroot merupakan buah yang kaya zat besi, dan protein yang dibutuhkan tubuh untuk meningkatkan sel-sel darah dan memperlancar aliran darah. Buah ini juga dianggap sebagai racun alami dan pembersih darah.

Bit mengandung serat, zat besi, vitamin C, serta mengandung betacyanin yaitu zat kuat yang bisa melawan kanker usus. Bit juga mengandung antioksidan yang telah dibuktikan bisa menurunkan total kolestrol dan meningkatkan HDL atau kolestrol baik dalam tubuh. Protein yang terkandung dalam bit diperlukan untuk meningkatkan sel-sel darah dan meningkatkan aliran darah.

2. Klorofil (zat hijau daun)
Sayuran seperti bayam, brokoli, lobak, kembang kol, kangkung, dan selada sangat sehat bagi tubuh. Klorofil (zat hijau daun) pada sayuran hijau merupakan pigmen dari tanaman yang warnanya hijau dan terdapat dalam kloroplas sel tanaman. Klorofil mempunyai struktur kimia yang hampir mirip dengan hemoglobin (sel darah merah), sehingga menurut penelitian para ahli gizi, klorofil bermanfaat untuk merangsang pembentukan sel darah merah pada penderita anemia.

3. Kacang Almond
Kacang Almond kaya akan zat besi yang dapat meningkatkan aliran darah dalam tubuh. Satu ons almond sehari mencakup enam persen dari kebutuhan zat besi setiap hari.

4. Buah
Para ilmuwan menyarankan orang yang mengidap anemia untuk rajin mengkonsumsi buah dan sayuran hijau. Tidak hanya bergizi, buah juga efektif dalam meningkatkan jumlah darah dalam tubuh. Buah seperti alpukat, apel, dan anggur bisa memperlancar aliran dalam darah tubuh.

5. Jamur tiram
Setiap 100 gram jamur tiram segar mengandung 45,65 kalori, 8,9 miligram (mg) kalsium, 1,9 mg besi, 17,0 mg fosfor, 0,15 mg vitamin B-1, 0,75 mg vitamin B-2, dan 12,40 mg Vitamin C. Nah, jamur juga mengandung folic acid yang cukup tinggi, dan disebut-sebut mampu menyembuhkan anemia.

6. Udang
Mineral selenium dalam 100 gr udang segar cukup untuk memenuhi 54 persen kebutuhan harian, disusul fosfor (20 persen), besi dan tembaga (masing-masing 13 persen), magnesium (9 persen), zinc (7 persen), sodium (6 persen), potassium dan kalsium (masing-masing 5 persen), serta berbagai mineral penting lainnya.

7. Roti, Havermut, dan Sereal
Ketiga makanan ini memberikan 20 persen zat besi jika Anda mengonsumsinya setiap hari. Gandum membuat badan lebih sehat sehingga perlu dimasukan ke dalam daftar diet Anda. Gandum juga mempunyai banyak kandungan zat besi yang mengurangi risiko Anda terkena anemia berat.

loading...
7 Makanan Sumber Zat Besi untuk Meningkatkan Darah dalam Tubuh | admin | 4.5