7 Kebiasaan yang Bisa Merusak Jantung Kita

Rajin Olahraga BIsa Buat Jantung Sehat. Kebiasaan yang Bikin Jantung Tak SehatJantung merupakan salah satu organ tubuh yang penting pada setiap mahluk hidup, tak terkecuali pada manusia. Fungsi jantung adalah untuk memompa darah dan menyediakan segala nutrisi untuk tubuh. Namun, ternyata beberapa kebiasaan yang sering kita lakukan ternyata bisa membahayakan kesehatan jantung.

Berikut adalah tujuh kebiasaan yang harus dihindari agar jantung tetap sehat, seperti yang dilansir situs Fitnea:

1. Merokok
Kebiasaan merokok merupakan pembunuh yang tidak nampak. Dari seluruh perokok yang meninggal dunia, 30% diantaranya terkena serangan jantung.

2. Terlalu banyak garam
Makanan akan terasa hambar bila tanpa garam. Sayangnya, terlalu banyak mengonsumsi garam ternyata bisa meningkatkan risiko darah tinggi yang juga berpotensi meningkatkan serangan jantung dan juga stroke.

3. Mengonsumsi minuman beralkohol
Mungkin tak ada masalah bila hanya sekali dua kali minum alkohol. Namun kalau sudah terlalu sering ini tidak hanya akan membahayakan jantung, tapi juga hati. Bagi mereka yang sudah ketagihan minuman beralkohol, menghentikan kebiasaan tersebut akan mengurangi risiko serangan jantung hingga 50%.

4. Makan berlebihan
Banyak orang makan saat mereka tidak lapar dan seringnya mengonsumsi makanan yang mengandung lemak dan garam. Ini sebenarnya tidak masalah asalkan tidak berlebihan, karena jika sebaliknya maka meningkatkan risiko diabetes dan tentu saja berbahaya bagi jantung.

5. Kurang tidur
Orang yang kurang tidur akan mengalami ketidakseimbangan hormon yang menyebabkan banyak makan dan gangguan terhadap fungsi jantung. Stresnya hormon yang menyebabkan kurang tidur juga memiliki dampak negatif bagi jantung seperti yang sudah disebabkan sebelumnya.

6. Stres dan gelisah
Depresi dan perilaku sejenisnya juga bisa berdampak buruk bagi kesehatan. Mengusir emosi negatif bisa mengurangi risiko serangan jantung dan sudah banyak cerita orang meninggal karena hal tersebut ketika mendengar kabar buruk.

7. Jarang berolahraga
Semakin jarang kita melakukan olahraga, maka ini artinya potensi naiknya berat badan juga bertambah dan itu bisa berbahaya untuk jantung. Dengan rajin olahraga, ini bisa membuat fungsi jantung dan otak kembali normal dan membuat aliran darah dan juga oksigen semakin lancar.

loading...
7 Kebiasaan yang Bisa Merusak Jantung Kita | admin | 4.5