7 Ciri-ciri Rambut yang Sehat

7 Ciri-ciri Rambut yang SehatMempunyai rambut yang sehat dan indah tentu adalah harapan setiap orang. Untuk mendapatkan rambut yang sehat, kita harus secara rutin dan selalu melakukan perawatan. Bagaimanakah ciri-ciri rambut yang sehat? Berikut ini di antaranya:

1. Kulit kepala sehat
Selain bersih dari debu dan kotoran lain, menurut Martin Jimmy, General Manager Sales Akasha Wira International, kulit kepala yang sehat itu setiap porinya mengandung tiga batang rambut. Jika hanya tumbuh satu batang rambut setiap porinya, pasti ada masalah.

2. Tekstur lembut
Menurut Mayo Clinic, rambut bisa bergerak dengan mudah karena teksturnya lembut adalah ciri rambut yang sehat.

3. Rambut berkilau
Kerusakan pada kutikula rambut akan menyebabkan rambut mengembang dan menghalangi kilaunya. Selalu bilas rambut dengan cermat setelah keramas agar sisa-sisa produk perawatan rambut di kulit kepala dan rambut hilang sehingga tidak menghalangi kemilau rambut Anda.

4. Elastis
Elastis disini maksudnya rambut tidak mudah patah hanya karena tertarik atau terkena sisir. Rambut yang rapuh tentu tidak elastis lagi. Menurut Hair Health Spotlight di Men’s Magazine, rambut yang rapuh tentu tidak elastis lagi bisa disebabkan antara lain oleh pola makan yang buruk, kekurangan vitamin seperti zat besi, biotin, dan protein.

5. Kerontokan ringan
Menurut American Academy of Dermatology, orang akan kehilangan 50-100 helai rambut dalam sehari, dan ini normal. Bila ternyata dalam sehari ada rambut yang rontok lebih dari 100 helai, maka ada kemungkinan penyebabnya adalah stres atau faktor-faktor lain.

6. Rambut tidak kusut ketika basah
Menurut American Chemical Society, meski dalam keadaan yang basah, rambut yang sangat kering, dengan kutikula yang rusak, akan sulit disisir. Hal ini dikarenakan tepi kutikula mengelupas dari batang rambut dan menyebabkan gesekan. Untuk mengatasinya, Anda bisa menggunakan kondisioner, yang dirancang untuk melapisi batang rambut dan melembutkan kutikula, sehingga rambut jadi mudah disisir.

7. Bereaksi terhadap kelembaban
Kandungan air dalam udara membuat rambut yang cenderung lurus akan “jatuh”. Sementara pada rambut yang tidak sehat akan mengembang ketika terpapar kelembaban udara. Rambut menjadi lebih keriting, kasar dan juga kusam.

loading...
7 Ciri-ciri Rambut yang Sehat | admin | 4.5