6 Manfaat Mandi dengan Air Dingin untuk Kesehatan

Manfaat Mandi dengan Air DinginBanyak orang beranggapan kalau mandi air hangat itu bagus untuk kesehatan karena bisa membuat tubuh menjadi lebih rileks, dan itu memang benar. Namun tahukah Anda kalau mandi air dingin ternyata jauh lebih banyak mempunyai manfaat untuk kesehatan?

Berikut adalah enam manfaat mandi air dingin bagi kesehatan tubuh kita:

1. Meningkatkan sirkulasi darah
Mandi air dingin membuat darah berjalan lambat, sehingga menyebabkan kulit tetap hangat yang pada akhirnya akan meningkatkan sirkulasi darah yang membantu membuang racun dari tubuh kita. Sirkulasi darah yang sehat dapat mencegah hipertensi, pengerasan arteri, dan mempercepat waktu pemulihan dari latihan yang sangat berat.

2. Menjaga kulit dan rambut tetap sehat
Mandi air dingin bisa menutup pori-pori kulit sehingga minyak dan kotoran tidak masuk ke pori-pori yang pada akhirnya bisa menyebabkan jerawat.

3. Membuat pembuluh darah menyempit
Mandi air dingin membuat pembuluh darah menyempit, mengurangi bengkak di wajah dan mencegah munculnya lingkaran hitam di sekitar mata. Mandi air dingin juga mampu menutup kutikula, yang menjaga kulit kepala Anda tetap sehat.

4. Menjaga minyak alami
Meski air hangat dikenal bagus untuk mencuci minyak dari kulit kita, namun terlalu sering mandi air hangat bisa menyebabkan kulit berminyak atau justru menjadi kering.

5. Menguatkan sistem imun
Hasil sebuah studi menunjukkan bahwa wanita yang secara teratur mandi air dingin memilikisel darah putih dalam jumlah yang lebih tinggi dibandingkan dengan mereka yang mandi air hangat. Sel darah putih terlibat dalam mempertahankan tubuh Anda terhadap infeksi, penyakit dan bahan-bahan asing.

6. Mencegah depresi
Mandi air dingin akan membantu sumber utama noradrenalin, yang bisa meredakan depresi. Hal ini juga menyeimbangkan sistem saraf otonomik, yang tidak hanya membuat kita waspada, namun juga membuat santai dan meringankan stres.

loading...
6 Manfaat Mandi dengan Air Dingin untuk Kesehatan | admin | 4.5