6 Manfaat Kulit Buah Apel

Manfaat Kulit ApelTidak sedikit orang yang membuang atau mengupas kulit terluar dari buah apel. Namun, tahukah anda kalau sebenarnya kulit buah apel punya banyak manfaat?

Beberapa manfaat dari kulit apel tersebut adalah:

1. Serat
Ada sekitar 4,4 gram serat yang terkandung dalam buah apel berukuran sedang. Namun bila buah apel dikonsumsi tanpa kulit, maka anda hanya mendapatkan serta sekitar 2,1 gram saja, kurang dari jumlah serta harian yang disarankan yakni 3 gram.

2. Vitamin
Mengonsumsi sebutir apel berserta kulitnya akan memberi anda 8,4 miligram vitamin C dan 98 IU vitamin A. Sementara bila makan buah apel dengan terlebih dahulu mengupas kulitnya, maka apel hanya akan mengandung sekitar 6,4 miligram vitamin C dan 61 IU vitamin A. Perlu untuk anda ketahui bahwa kebutuhan vitamin C harian yang direkomendasikan adalah sekitar 75 mg untuk wanita dan 90 mg untuk pria yang tidak merokok, serta 110mg untuk pria yang perokok.

3. Mineral
Tidak hanya vbanyak mengandung vitamin, bahkan menurut studi dari University of Illinois, kulit apel juga merupakan sumber mineral-mineral penting bagi tubuh, seperti kalsium, potasium, dan fosfor. Kalsium dan fosfor merupakan mineral penting untuk tulang dan gigi yang kuat. Sementarakandungan potasium dibutuhkan untuk kesehatan sel-sel tubuh, jantung, dan sistem pencernaan.

4. Mencegah penyakit kanker
Senyawa triterpenoid dalam kulit apel membantu menghambat pertumbuhan sel-sel kanker usus dan sel-sel kanker payudara, demikian menurut hasil studi dari Cornell University pada tahun 2007.

5. Baik untuk diet sehat
Menurut sebuah studi yang dilakukan tahun 2012, kulit apel juga mengandung asam ursolat yang meningkatkan fungsi otot dalam membakar kalori, serta menurunkan risiko obesitas. Ini artinya mengonsumsi buah apel bersama dengan kulitnya baik untuk anda yang sedang menjalankan program diet.

6. Mengurangi masalah pernapasan
Kulit buah apel memiliki antioksidan jenis quercetin yang terbukti baik untuk kesehatan paru-paru. Bahkan menurut studi, mereka yang rutin makan lima butir atau lebih apel seminggu memiliki fungsi pernafasan yang lebih baik.

Selain baik untuk pernapasan, menurut sebuah studi pada 2004, senyawa quercetin juga melindungi memori anda. Antioksidan ini membantu melawan kerusakan jaringan di otak yang terkait dengan penyakit Alzheimer dan masalah degeneratif lainnya.

Yang harus anda perhatikan adalah, bahwa biasanya buah ulit apel akan dilapisi sejenis lilin, khususnya apel impor. Ini bertujuan agar buah apel tidak cepat rusak atau busuk. Karena itu, pastikan bahwa anda terlebih dahulu mencuci buah apel sampai bersih sebelum mengonsumsinya.

loading...
6 Manfaat Kulit Buah Apel | admin | 4.5