6 Cara Mengatasi Sembelit pada Ibu Hamil

Obat Sembelit untuk Ibu HamilSalah satu masalah yang sering dialami oleh ibu hamil adalah sembelit. Ada beberapa faktor penyebab sembelit pada ibu hamil, misalnya karena kurangnya mengonsumsi serat, kurang cairan, stres dan bisa juga karena hormon.

Selama sembelit tidak menyebabkan gejala penyakit lain, seperti pendarahan, maka sembelit tidak perlu dikhawatirkan. Sembelit saat hamil sebenarnya bisa dicegah dan diatasi, berikut caranya:

1. Jangan menahan BAB
Kebiasaan buruk yang sering mengakibatkan sembelit adalah sering menahan keinginan untuk buang air besar. Menahan BAB justru akan menyebabkan penumpukan tinja dalam usus hingga menyebabkan tinja akan mengeras. Karena itu, pergilah ke kamar kecil saat anda ingin buang air besar, karena menahannya bisa membuat kondisi lebih buruk dan menyebabkan wasir.

2. Konsumsilah serat setiap hari
Selama masa kehamilan, sangat penting bagi ibu untuk memerhatikan zat gizi makanan yang dikonsumsinya agar selalu seimbang. Pastikan ibu hamil mengonsumsi makanan alami kaya serat. Makanan sumber serat yang baik dikonsumsi ibu hamil yaitu sayur-sayuran dan buah-buahan.

3. Perbanyak konsumsi cairan
Pada masa kehamilan, tubuh akan menyerap air lebih banyak, sehingga agar ibu hamil tidak mengalami dehidrasi maka konsumsi air harus cukup. Karena itulah maka ibu hamil disarankan minimal minum delapan gelas air putih setiap harinya. Selain itu, dengan tercukupinya asupan juga akan membantu memperlunak tinja, sehingga mudah dikeluarkan. Selain dari minum air putih, cairan juga bisa diperoleh dari mengonsumsi makanan berkuah ataupun jus buah.

4. Lakukan aktivitas fisik atau berolahraga teratur
Selain bermanfaat untuk menjaga kesehatan ibu hamil, olahraga juga bisa membantu meringankan meringankan sembelit. Ibu hamil bisa melakukan olahraga ringan seperti jalan kaki atau berenang. Senam kegel juga bisa ibu lakukan untuk memperkuat otot dasar panggul, membantu mempermudah pengeluaran tinja, serta mempersiapkan ibu hamil menghadapi masa persalinan.

5. Batasi konsumsi suplemen zat besi
Ibu hamil seringkali mengalami anemia sehingga dokter biasanya akan menyarankan pada ibu hamil untuk mengonsumsi zat besi tambahan. Namun bila kebutuhan zat besi ibu hamil sudah tercukupi, maka sebaiknya ibu hamil membatasi untuk mengonsumsi zat besi. Sebaiknya ibu hamil mengonsumsi suplemen vitamin C yang bisa membantu meringankan gejala konstipasi. Ibu hamil bisa mengonsultasikan dengan dokter seputar pemilihan suplemen ini.

6. Jangan sembarangan minum obat pencahar
Biasanya saat kita mengalami sembelit, selanjutnya kita akan berfikir tentang penanganan menggunakan obat pencarah untuk mengatasi sembelit. Namun pada masa kehamilan, apabila setelah menerapkan tahapan-tahapan di atas namun tidak membantu dan ibu hamil tetap mengalami sembelit, maka jangan asal mengonsumsi obat pencahar. Sebaiknya ibu hamil mengonsultasikan pada dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat terhadap masalah sembelit yang dialami oleh ibu hamil.

loading...
6 Cara Mengatasi Sembelit pada Ibu Hamil | admin | 4.5