6 Bahan Alami Sebagai Obat untuk Menyembuhkan Luka Bakar

Salah satu jenis luka yang sering dialami adalah luka bakar. Luka bakar bisa berasal dari terkena knalpot motor yang panas, percikan air atau minyak mendidih saat memasak. Tidak hanya menjadikan kulit terasa sakit, luka bakar ini juga bisa membuat kulit melepuh. Tidak hanya itu saja, bekas luka bakar yang berwarna cokelat kehitaman juga seringkali sulit untuk dihilangkan.

Agar tak jadi membekas yang tentunya ini akan mengganggu penampilan serta bisa meredakan dengan segera rasa panas, hal ini bisa dilakukan dengan bahan-bahan alami di sekitar.

Obat Alami untuk Menyembuhkan Luka Bakar

Berikut ini adalah beberapa bahan dapur yang ampuh untuk menenangkan dan bantu menyembuhkan luka bakar dengan segera.

1. Lidah buaya
Lidah buaya adalah bahan alami yang paling terkenal untuk mengatasi luka bakar. Tumbuhan yang satu ini dapat menghentikan rasa sakit, peradangan, mengurangi pembengkakan dan merangsang pertumbuhan kulit.

2. Kantong teh
Teh hitam mengandung asam tanic yang membantu mengurangi rasa sakit. Oleh karena itu, saat terkena luka bakar, coba letakkan dua-tiga kantong teh hitam pada luka bakar.

3. Pasta gigi mint
Untuk luka bakar ringan seperti terkena percikan minyak goreng dan air panas oleskan saja pasta gigi mint pada daerah yang terkena.

4. Susu
Pasti mudah menemukan susu di rumah. Saat terkena luka bakar segera oleskan susu di atasnya selama 15 menit. Lemak dan protein dalam susu mampu menenangkan luka bakar dan mempercepat penyembuhan.

5. Madu
Madu merupakan antibiotik alami yang membantu mencegah luka bakar jadi infeksi. Selain itu, madu pun mampu mendinginkan luka bakar, mengurangi rasa sakit dan membantu kulit untuk menyembuhkan kulit.

6. Jangan gunakan es untuk atasi luka bakar
Tidak sedikit orang yang ingin meredakan rasa panas akibat luka bakar dengan memberikan es. Namun, es malah membatasi aliran darah ke kulit dan menyebabkan kerusakan kulit lebih lanjut.

loading...
6 Bahan Alami Sebagai Obat untuk Menyembuhkan Luka Bakar | admin | 4.5