5 Tips Cara Menjaga Kesehatan Mata Saat Harus Bekerja Di Depan Layar Monitor

Cara Menjaga Kesehatan Mata Saat di Depan KomputerTerkadang seseorang harus duduk lama di depan komputer, bisa karena memang pekerjaan atau karena main games. Namun bagaimanapun juga, terlalu lama duduk menatap monitor sangatlah tidak baik untuk kesehatan mata kita. Biasanya, ketika kita terlalu lama berada di depan monitor, ini akan menyebabkan mata terasa perih, panas, gatal, merah, mata lelah dan secara bertahap bisa menyebabkan penglihatan memburuk.

Untuk menghindari gangguan kesehatan mata karena terlalu lama di depan layar monitor, ada beberapa tips yang bisa dilakukan. Berikut ini adalah tips bagaimana cara menjaga kesehatan mata saat berada lama di depan layar monitor.

1. Periksa iluminasi layar
Atur pencahayaan monitor, jangan terlalu gelap ataupun terang. Hindari kerlip cahaya monitor yang mengganggu, dan sebaiknya tidak melihat layar monitor di ruangan yang gelap karena dapat merusak penglihatan. Atur posisi layar agar tidak sejajar dengan mata, sebaiknya tempatkan layar horizontal tapi sedikit condong kebawah.

2. Istirahatkan mata
Untuk mencegah mata merasa lelah dan perih, selalu istirahatkan mata. Sebaiknya setiap 30 menit – 1 jam anda melihat layar monitor, pastikan untuk mengambil 5 menit waktu untuk istirahat, dengan cara mengalihkan pandangan ke arah lain. Setelah itu anda bisa kembali bekerja di depan layar monitor. Lakukan hal tersebut secara rutin setiap 30 menit hingga 1 jam berikutnya.

3. Olahraga mata
Olaharga tidak hanya dibutuhkan oleh tubuh, namun mata kita pun juga membutuhkan olahraga. Jenis olahraga yang bisa dilakukan yaitu dengan memainkan bola mata. Pertama biarkan bola mata bergeser kearah kiri sampai hitungan kedelapan, lalu geser pandangan bola mata ke arah kanan. Lakukan hal ini selama 2-3 menit. Atau olahraga mata lainnya yang bisa anda lakukan adalah dengan berkedip sebelah mata kanan dan kiri secara bergantian lakukan setidaknya 2-3 menit.

4. Menutup mata dengan telapak tangan
Teknik ini bisa membantu membuat sistem saraf disekitar mata menjadi lebih rileks dan mencegah penglihatan memburuk. Caranya sangat mudah dan sederhana, yaitu dengan menggosok kedua telapak tangan hingga telapak tangan menjadi hangat, kemudian letakkan telapak tangan untuk menutupi kedua mata selama 30 detik. Ulangi cara ini selama sekitar 4 menit untuk membuat mata lebih rileks.

5. Perbanyak berkedip
Terlalu lama berada di depan layar monitor bisa menyebabkan mata menjadi kering dan memicu terjadinya iritasi mata. Cara simpel untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan sering berkedip. Tujuan dari berkedip adalah untuk membasahi mata yang kering dan menghindari terjadinya iritasi mata.

Itulah beberapa cara sederhana yang bisa kamu terapkan bila sering berada di depan layar monitor. Semoga bermanfaat ya Dreamers! (mya)

loading...
5 Tips Cara Menjaga Kesehatan Mata Saat Harus Bekerja Di Depan Layar Monitor | admin | 4.5