5 Rempah Herbal untuk Meningkatkan Kesehatan dan Mencegah Kanker

Rempah Herbal untuk Mencegah KankerBanyak orang kini beralih ke obat herbal atau menggunakan rempah-rempah untuk mengobati maupun menjaga kesehatan tubuhnya. Karena berbahan alami, penggunaan obat herbal memang lebih aman dan minim efek samping.

Seperti yang dikutip dari laman Dummies, setidaknya ada lima bahan herbal yang bisa membantu untuk meningkatkan kesehatan tubuh anda.

1. Jahe
Sudah sejak dulu jahe digunakan sebagai obat herbal untuk menghangatkan tubuh, serta untuk mengobati segala sesuatu dari pilek hingga sembelit. Untuk mendapatkan manfaat jahe, bisa dengan langsung mengonsumsi dalam bentuk bubuk sebagai minuman atau bisa juga dibuat manisan. Mengonsumsi jahe akan membantu memberikan rasa nyaman pada perut dan juga bisa menghilangkan rasa mual. Jahe juga bisa menjadi pelengkap untuk pengobatan kanker.

2. Kunyit
Kunyit memiliki kandungan curcumin yang memberikan manfaat sebagai anti-inflamasi atau peradangan serta bersifat sebagai anti oksidan yang bisa melindungi diri dari perkembangan kanker. Tidak hanya itu saja, sebuah penelitian juga sedang terhadap kunyit untuk digunakan sebagai pencegah penyakit di usus besar, kanker payudara, kanker prostat dan juga kanker kulit.

3. Rosemary
Rosemary merupakan tanaman herbal yang kaya akan kandungan antioksidan. Tanaman ini biasanya digunakan sebagai tambahan dalam masakan untuk menambah rasa pada sup atau masakan olahan daging. Tidak sedikit juga orang yang mempercayai bahwa rosemary bisa mencegah kanker. Mengonsumsi rosemary bisa membantu proses detoksifikasi, melancarkan saluran pencernaan, menghilangkan kembung, dan juga untuk meningkatkan nafsu makan.

4. Bawang Putih
Walau menyebabkan bau mulut, bawang putih memiliki kandungan sulfur yang tinggi dan juga merupakan sumber yang baik dari arginin, flavonoid, oligosakarida, dan selenium yang bermanfaat bagi kesehatan. Senyawa aktif allicin yang memberikan bau khas pada bawang putih.

Beberapa studi menunjukkan mengonsumsi bawang putih dapat mengurangi risiko kanker perut, usus besar, esofagus, pankreas, dan payudara. Senyawa yang ada dalam bawang putih bisa menghambat bakteri dan pembentukan zat penyebab kanker, meningkatkan perbaikan DNA dan menginduksi kematian sel. Bawang putih juga membantu proses detoksifikasi dan juga dapat mendukung sistem kekebalan tubuh serta membantu mengurangi tekanan darah.

5. Paprika
Paprika memiliki kandungan zapsaicin yang merupakan senyawa yang bisa digunakan untuk mengurangi rasa sakit. Ketika capsaicin dioleskan ke kulit, akan terjadi pelepasan bahan kimia yang disebut substansi P. Proses tersebutlah yang akan membuat rasa sakit berkurang. Namun penggunaannya ini perlu keahlian khusus. Pasalnya, bila terlalu banyak mengoleskan paprika di daerah yang sakit justru bisa berisiko luka bakar. Karena itu diperlukan pengetahuan yang benar untuk hal ini.

Manfaat lain dari paprika adalah bisa membantu melancarkan saluran pencernaan. Bahkan saat ini juga sedang dilakukan penelitian terhadap paprika untuk mengobati nyeri neuropatik (nyeri mengejutkan yang menyerang jalur saraf) setelah operasi kanker.

loading...
5 Rempah Herbal untuk Meningkatkan Kesehatan dan Mencegah Kanker | admin | 4.5