5 Penyebab Haid atau Mentruasi Datang Terlambat Selain Karena Hamil

Menstruasi atau haid adalah perubahan fisiologis dalam tubuh wanita yang terjadi secara berkala dan dipengaruhi oleh hormon reproduksi wanita. Siklus menstruasi wanita rata-rata berlangsung selama 28 hari. Namun demikian ada juga yang terjadi dalam rentang waktu 21 hari hingga 30 hari.

Menstruasi pada wanita biasanya terjadi selama 5 hari, namun kadang-kadang ada juga wanita yang mengalami menstruasi sekitar 2 hari sampai 7 hari dan paling lama 15 hari.

Ketika seorang wanita mengalami menstruasi yang terlambat, maka bisa jadi karena dipengaruhi oleh beberapa faktor. Salah satu faktor penyebab terlambat haid atau datang bulan yang paling umum dikaitkan adalah karena kehamilan. Namun selain karena hamil, masih ada beberapa penyebab terlambat haid atau menstruasi.

Penyebab Terlambat Datang Bulan atau Haid

Selain karena hamil, masih ada beberapa penyebab terlambat datang bulan yang lainnya. Berikut ini adalah diantaranya:

1. Stres

Salah satu penyebab paling umum telat haid adalah stres. Saat seorang wanita sedang stres, tingkat hormon kortisol akan meningkat yang dapat menunda ovulasi. Jadi, jika sering telat haid, cobalah untuk mengurangi stres. Anda bisa mencoba untuk mengistirahatkan pikiran dan lebih bersabar agar tidak mudah stres.

2. Pil KB

Konsumsi pil KB merupakan penyebab lain dari wanita sering telat haid. Dosis pil hormon ini dapat menyebabkan lapisan endometrium tumbuh sangat tipis, yang merupakan hal baik, karena mengurangi nyeri haid. Tetapi, pil ini juga dapat membuatnya terlalu ringan, sehingga menyebabkan wanita terlambat haid atau datang bulan.

3. Kontrasepsi darurat

Dosis tinggi progesteron menyebabkan lonjakan hormon yang mencegah ovulasi, sehingga menunda haid sampai seminggu.

4. Tiroid

Tiroid adalah kelenjar berbentu kupu-kupu yang berada di leher. Tiroid berfungsi memproduksi hormon yang mempengaruhi banyak proses tubuh, termasuk siklus haid.

Jika tiroid terlalu aktif atau hipertiroid, maka Anda mungkin mengalami periode haid lebih ringan. Sedangkan jika tiroid kurang aktif atau hipotiroid, maka mungkin periode haid akan sangat berat. Kedua kondisi ini dapat menyebabkan siklus haid tidak teratur, sehingga telat haid. Jadi, jika tiroid adalah sakar masalah Anda telat haid, periksa ke dokter untuk mengatasi kondisi ini.

5. Keadaan ekstrim

Stres tentu penting dalam kategori ini. Tetapi, jika Anda telah melalui situasi ekstrim lainnya baru-baru ini, mungkin siklus haid juga akan rusak. Hal ini termasuk perubahan kehidupan, seperti operasi besar atau penurunan berat badan terkait gangguan makan.

Situasi ekstrim di sini juga mencakup pengalaman traumatis, kekerasan seksual dan kecelakaan lalulintas. Jadi, jika Anda belum lama ini mengalami situasi ekstrim, maka mungkin akan telat haid.

loading...
5 Penyebab Haid atau Mentruasi Datang Terlambat Selain Karena Hamil | admin | 4.5