5 Manfaat Membaca yang Harus Anda Tahu

Manfaat MembacaMembaca tidak hanya bermanfaat untuk menambah pengetahuan. Namun membaca juga memiliki manfaat baik untuk kesehatan tubuh kita. Salah satu manfaat dari membaca adalah bisa mencegah seseorang dari terkena penyakit Alzheimer.

Mau tahu apa saja manfaat membaca untuk tubuh dan otak kita? Simak ulasannya berikut ini.

1. Mempertajam memori
Menurut periset dari Haskins Laboratories, Ken Pugh PhD, membaca, baik itu artikel ringan hingga topik ‘berat’ melatih fungsi-fungsi visi, bahasa, dan asosiatif pada otak. Kebiasaan ini memacu otak Anda untuk selalu berpikir dan berkonsentrasi.

2. Menyegarkan Performa Otak
Menurut sebuah studi terbaru dari Rush University Medical Center seperti dilansir Prevention, menggali sebuah buku yang benar-benar bagus “mempermuda” pikiran Anda.

Robert S. Wilson, PhD, profesor neuropsikologi pada Rush University Medical Center menjelaskan bahwa membaca melibatkan aktivitas asosiasi dan pencarian yang membuat otak lebih efisien, melawan penyakit lupa yang berkaitan dengan usia.

3. Mencairkan stres
Menurut penelitian, berkonsentasi untuk membaca bisa membantu menurunkan hormon stres yang tidak sehat seperti kortisol.

4. Memperkaya kosakata
Para peneliti memperkirakan bahwa kita belajar lima sampai 15 persen dari semua kata-kata yang kita ketahui melalui membaca. Hal ini sangat penting untuk anak-anak. Ragam kosakata yang dia serap, secara langsung berkaitan dengan buku yang mereka baca, menurut laporan Scholastic seperti dikutip Reades Digest.

5. Melatih empati
Menurut peneliti dari Universitas York, membaca cerita fiksi memberikan perspektif hidup dan meningkatkan empati. Sejenak menempatkan diri dalam kehidupan karakter yang Anda baca, memperkuat kemampuan memahami perasaan orang lain.

loading...
5 Manfaat Membaca yang Harus Anda Tahu | admin | 4.5