5 Manfaat Jambu Batu

Manfaat Jambu BatuManfaat Buah Jambu Batu – Jambu batu atau dikenal dengan jambu biji adalah buah-buahan tropika. Dahulunya jambu batu ini dipercaya berasal dari Peru dan Meksiko. Kemudian jambu batu ini menyebar ke wilayah tropika dan sub tropika. Jambu batu ini memiliki nama latin Psidium guajava Linn.

Manfaat Buah Jambu Batu

Jambu batu ini memiliki bentuk bola dengan panjang 2-12 cm. Ketika masih muda berwarna hijau, pada saat sudah masak buahnya berubah menjadi warna putih, kuning, merah jambu atau merah, rasa manis atau masam, wangi.
Kandungan nutrisi didalam buah batu memiliki kangiungan vit C yang cukup tinggi dibandingkan dengan buah jeruk serta jauh lebih tinggi dibandingkan dengan kiwi yang dikenal sebagai rajanya vitamin C. Selain itu jambu batu memiliki kandungan serat, terutama serat larut, serta berbagai mineral seperti mangan dan magnesium, serta asam amino esensial seperti tryptophan. Oleh karena itu banyak sekali manfaat dari jambu batu ini seperti:

1. Menyembuhkan Infeksi
Kandungan vit C yang tinggi, dapat berfungsi untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Sehingga ketika Anda sedang menderita radang tenggorok atau flu, jambu batu ini sangat cepat untuk menyembuhkan dikarenakan infeksi.

2. Mencegah Kanker
Dengan adanya senyawa flavonoid yang memiliki sifat antioksidan yang kuat, dipercaya dapat menghambat produksi dari nitrosamin atau zat pemicu kanker. Selain itu vitamin C yang cukup didalam darah dapat membantu kinerja dari selenium untuk menghambat sel kanker, terutama kanker paru-paru, prostat, payudara, dan usus besar.

3. Membantu Mengatasi Penyakit Jantung Koroner
Kadar kalium yang terdapat dalam jambu biji berfungsi untuk membantu jantung dapat berdetak menjadi lebih teratur. Ditambah lagi dengan adanya kandungan asam elagat, asam linoleat, asam korbigen, serta serat berkhasiat untuk mengikat lemak dengan demikian maka dapat menghindari terbentuknya plak yang menjadi penyebab jantung koroner.

4. Mengatasi Diabetes
Jambu batu memiliki serat pectin yang dapat membantu untuk menurunkan kadar glukosa darah sehingga sangat cocok untuk dapat dikonsumsi penderita diabetes.

5. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi
Kadar kalium yang terdapat di ambu biji dapat berfungsi untuk menurunkan tekanan darah tinggi dan seratnya mampu untuk mengikat lemak.

loading...
5 Manfaat Jambu Batu | admin | 4.5