5 Cara untuk Menghindari Terjadinya Persalinan Prematur

Cara Mencegah Persalinan PrematurWalaupun hamil dan mempunyai bayi adalah keinginan setiap pasangan suami-istri, namun bila harus sampai terjadi bayi lahir prematur tentu tidak diinginkan. Pasalnya, bila bayi lahir prematur maka ada kemungkinan bayi akan mengalami gangguan kesehatan ataupun cacat. Karena itu, cara melahirkan bayi yang baik adalah ketika bayi yang sedang dikandung sudah cukup umur untuk dilahirkan.

Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan persalinan prematur, misalnya saja karena pola gaya hidup yang tidak sehat selama ibu sedang mengandung. Berikut ini adalah tips untuk menghindari agar jangan sampai terjadi persalinan prematur.

1. Tidak merokok
Salah satu hal penting yang harus ibu lakukan adalah untuk berhenti merokok, ibu hamil juga sebaiknya menghindari lingkungan asap rokok. Selain rokok, ibu hamil juga sebaiknya menghindari minum alkohol dan juga obat-obatan. Bila memang harus minum obat, sebaiknya ibu terlebih dahulu mengkonsultasikannya dengan dokter.

2. Hindari kafein dan makanan pedas
Kafein dan makanan pedas juga tidak baik untuk dikonsumsi selama masa kehamilan. Mengonsumsi kafein selama kehamilan bisa menyebabkan bayi menjadi hiperaktif dalam rahim dan lahir prematur. Sementara itu mengonsumsi makanan yang pedas selama hamil bisa membuat bayi gelisah di dalam rahim.

3. Hindari obat pereda nyeri
Bila sebelumnya ibu sudah terbiasa minum obat saat sakit kepala atau sakit punggung, maka sebaiknya itu dihindari selama kehamilan. Pasalnya, mengonsumsi obat pereda nyeri bisa menyebabkan terjadinya persalinan prematur. Untuk meredakan sakit kepala atau sakit punggung, ibu hamil bisa mencoba untuk mandi air hangat atau cukup tidur.

4. Periksa kemungkinan infeksi vagina
Beberapa hal lain yang bisa menyebabkan persalinan prematur adalah bila terjadi infeksi pada ginjal, kandung kemih, atau karena penyakit menular seksual. Oleh karena itu, sangat penting bagi ibu hamil untuk memeriksakan sedini mungkin untuk melakukan pencegahan dari kemungkinan yang tidak diinginkan.

5. Jangan sampai kelaparan
Untuk menjaga agar ibu dan bayi yang dikandung tetap sehat, maka ibu hamil harus menjaga asupan makanan dan nutrisi. Ibu tidak perlu makan secara berlebihan, namun yang terpenting adalah sehat disertai dengan makanan kecil secara berkala. Selain itu, ibu hamil juga dianjurkan untuk menghindari diet atau mengonsumsi suplemen diet selama masa kehamilan.

loading...
5 Cara untuk Menghindari Terjadinya Persalinan Prematur | admin | 4.5