5 Cara Mudah untuk Mengurangi Bau Badan

Tips Cara Mengurangi Bau BadanPenyebab bau badan sebenarnya bukanlah dari keringat kita, namun lebih karena disebabkan oleh oleh bakteri dalam tubuh yang berkembang biak di beberapa daerah tertentu khususnya yang lembab. Itulah sebabnya kenapa bau badan lebih tercium menyengat di daerah tubuh kita yang lembab seperti di bawah ketiak, antara jari kaki, dan juga diantara lipatan paha.

Sebenarnya ada banyak faktor penyebab bau badan, namun jika tidak diatasi dengan segera bau badan ini bisa membuat seseorang jadi tersingkir dari pergaulan. Beberapa penyebab bau badan misalnya bisa karena akibat penggunaan obat, mengonsumsi sayuran tertentu, alkohol, keracunan arsenik atau bisa juga karena kebiasaan merokok. Penggunaan bumbu masakan seperti bawang putih dan bawang merah yang berlebihan pada setiap memasak juga bisa memicu munculnya bau badan.

Untuk cara menghilangkan bau badan, kita bisa mencoba melakukan beberapa langkah sederhana yang mudah berikut ini:

1. Mandi
Untuk menjaga kebersihan badan dari bakteri dan keringat, mandilah setidaknya sekali sehari dengan menggunakan sabun deodoran. Gosoklah daerah ketiak dan selangkangan serta daerah lipatan tubuh lainnya secara lebih ekstra, karena tempat tersebut cenderung menjadi tempat berkembang bagi bakteri.

2. Gunakan deodoran antiperspirant setiap hari
Untuk membantu mengurangi keringat, gunakanlah selalu deodoran setiap hari. Jika Anda sangat aktif atau banyak berkeringat carilah deodoran antiperspiran yang mengandung zinc (seng) dan aluminium.

3. Hindari pakaian ketat
Kurangnya oksigen membuat bakteri mudah berkembang. Oleh karena itu, pakailah pakaian yang longgar sehingga tubuh mendapatkan pasokan oksigen yang cukup.

4. Jauhi rokok
Bau rokok bisa menembus kulit Anda dan menciptakan bau yang berbeda. Asap dari rokok juga akan melekat pada kulit dan tubuh. Anda akan butuh waktu beberapa pekan untuk melepaskan diri dari bau ini setelah Anda berhenti menjauhi rokok.

5. Waspadai penyakit
Anda perlu mewaspadai adanya masalah medis seperti penyakit ginjal, hati atau infeksi jamur jika bau terus menerus muncul sebaiknya. Untuk hal itu, ada baiknya jika Anda mendatangi dokter untuk melakukan konsultasi dan pengecekan kesehatan tubuh untuk mengetahui penyebab dan obatnya.

loading...
5 Cara Mudah untuk Mengurangi Bau Badan | admin | 4.5