5 Cara Mencegah Kebotakan pada Pria yang Harus Anda Tahu

Cara Mencegah Rambut Rontok dan KebotakanRambut adalah ibarat mahkota bagi setiap orang, termasuk juga bagi kaum pria. Namun sayang, kaum pria nyatanya seringkali bermasalah dengan rambut. Selain ketombe dan rambut beruban, masalah seputar rambut yang sering dan dikhawatirkan oleh kaum pria adalah kebotakan rambut. Rambut rontok yang terus dibiarkan tanpa melakukan perawatan ini merupakan penyebab utama kebotakan pada pria.

Ada beberapa faktor yang menyebabkan pria mengalami kebotakan. Selain karena faktor pribadi, kebotakan juga bisa disebabkan karena faktor keturunan. Bila orang tua anda punya masalah dengan kerontokan rambut yang berujung pada kebotakan, maka bisa jadi anda juga akan mewarisi hal yang sama terjadi pada orang tua anda.

Sementara itu bila kerontokan yang terjadi pada anda adalah karena kebiasaan buruk yang anda lakukan seperti sering ganti pewarna rambut, atau mungkin karena menggunakan alat catok yang panasnya bisa mengganggu perkembangan akar rambut, maka biasanya ini masih bisa diatasi.

Rambut rontok atau botak ketika sudah usia tua mungkin tidak akan terlalu membuat resah, namun bagaimana bila kebotakan muncul saat anda masih usia muda? Namun anda tidak perlu khawatir, karena ada beberapa tips yang bisa anda lakukan untuk mengurangi kerontokan rambut.

1. Pastikan anda tidak kekurangan zat besi
Kekurangan zat besi bisa menjadi faktor penyebab kerontokan rambut, karena ketika tubuh kekurangan zat besi, kandungan feritin dalam tubuh anda juga akan ikut turun. Untuk mencegah hal tersebut, anda bisa mengonsumsi makanan yang kaya akan kandungan zat besi. Beberapa contoh makanan sumber zat besi misalnya kacang-kacangan, ikan, daging, dan juga sayur-sayuran. Konsumsilah makanan tersebut secara teratur untuk menjaga kadar zat besi yang ada didalam tubuh tetap terjaga.

2. Rileks dan hindari stres
Stres juga merupakan salah satu faktor umum penyebab rambut rontok pada pria. Ketika seornag pria mengalami stres, maka hormon pria akan keluar secara berlebih, dan kandungan testosteron dan dihidrotestosteron bisa berdampak buruk untuk rambut.

Ketika hormon tersebut masuk dan meresap kedalam batang rambut, hal itu akan mengakibatkan kualitas rambut menjadi turun karena hormon tersebut menyebabkan helai-helai rambut menjadi tidak tebal, dan akhirnya menyebabkan rambut jadi mudah rontok. Karena itu, biasakan untuk menjaga mood anda agar tetap rileks dan tidak terlalu banyak pikiran.

3. Hindari rambut menyisir terlalu keras
Menyisir dan menggaruk kepala dengan gerakan yang kencang bisa menyebabkan akar rambut anda ikut tertarik bersama sisir atau tangan anda, yang nantinya bisa menyebabkan terjadinya kerusakan pada folikel rambut. Padahal, rambut yang tercabut dari akar akan sulit untuk tumbuh kembali. Apalagi ditambah dengan folikel rambut yang rusak, maka rambut anda akan sulit tumbuh kembali.

4. Hindari pewarnaan rambut
Tidak sedikit kaum pria yang mencoba untuk mewarnai rambutnya yang kemerahan atau mulai memutih dengan warna hitam atau coklat. Walau hal tersebut berhasil untuk menyembunyikan uban, namun hal tersebut ternyata memiliki dampak buruk bagi rambut. Penggunaan cat atau pewarna rambut yang mengandung bahan kimia dengan dosis yang cukup tinggi, dimana kandungan tersebut diisi oleh bahan kimia para-phenylenediamine bisa menyebabkan alergi kronis dan dermatitis pada kulit kepala dan rambut anda yang pada akhirnya bisa menjadi penyebab kerontokan.

5. Berhenti merokok
Tidak ada hal baik bagi kesehatan yang akan anda dapatkan dari merokok. Yang ada justru dampak buruk bagi kesehatan rambut. Menurut hasil studi, kebiasaan merokok bisa merusak pembuluh darah dan menyebabkan suplai darah ke folikel rambut berkurang. Ketika folikel rambut bermasalah, maka proses pertumbuhan rambut baru akan juga ikut bermasalah.

Walau sudah ada banyak obat yang beredar dipasaran yang konon katanya bisa meredakan kerontokan rambut, dan bahkan ada juga yang berfungsi untuk menumbuhkan kembali rambut, namun menjaga agar rambut tidak rontok tentulah lebih mudah dan efektif untuk mencegah kebotakan sejak dini.

loading...
5 Cara Mencegah Kebotakan pada Pria yang Harus Anda Tahu | admin | 4.5