5 Cara Alami untuk Mencegah dan Mengatasi Rambut Rontok

Cara Mencegah dan Mengatasi Rambut RontokRambut rontok bisa disebabkan karena faktor hormon, genetik maupun efek daro penggunaan kosmetik serta gaya hidup. Rambut rontok yang terjadi terus menerus akan menyebabkan kebotakan. Anda tentu tidak menginkan hal ini terjadi pada rambut Anda.

Karena itu, ada baiknya bisa Anda segera melakukan upaya cara pencegahan untuk mengatasi masalah rambut rontok. Berikut beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi rambut rontok.

1. Santan kelapa
Anda bisa menggunakan santan kelapa untuk kerasa. Caranya, lumuri seluruh rambut secara merata dengan santan, hingga ke kulit kepala. Pijat-pijat sedikit, lalu diamkan kurang lebih setengah jam. Setelah itu Anda bisa membasuh rambut dengan air hangat, kemudian keramaslah seperti biasa. Lakukan cara ini minimal 2 kali dalam seminggu.

2. Buah semangka
Daripada Anda buang percuma kulit semangka, lebih baik Anda manfaatkan kulit semangka untuk mencegah rambut rontok. Cukup dengan cara menggosokkan kulit semangka pada kulit kepala. Diamkan selama 20 hingga 30 menit, agar dari kulit semangka meresap. Akan lebih baik lagi bila Anda biarkan selama semalaman, baru Anda keramas keesokan harinya. Anda bisa melakukan cara ini seminggu sekali.

3. Minyak zaitun dan madu
Campurdan aduk 5 sendok makan minyak zaitun dan 2 sendok makan madu dalam satu wadah. Kemudian Anda bisa melumurkan campuran tersebut ke seluruh rambut. Balut kepala dengan shower cap dan diamkan selama kurang lebih 15 menit. Baru kemudian Anda bilas. Cara ini bisa Anda lakukan minimal sekali seminggu.

4. Kacang hijau
Tidak hanya bisa dibuat menjadi bubur kacang hijau yang lezat, namun Anda juga bisa memanfaat kacang hijau untuk mengatasi masalah rambut Anda. Caranya, rendam secangkir kacang hijau selama semalam. Setelah itu saring dan ambil airnya. Oleskan air rendaman pada kulit kepala sambil memijat-mijat kulit kepala perlahan. Lakukan cara ini minimal seminggu 3 kali.

5. Minyak kelapa
Oleskan minyak kelapa pada rambut secara keseluruhan, sambil memijat-mijat kulit kepala, sehingga minyak kelapa meresap. Biarkan selama 30 menit sampai 1 jam sebelum keramas. Setelah itu Anda bisa keramas seperti biasa.

Selain dengan cara-cara di atas, Anda juga bisa mencegah rambut rontok dengan mengonsumsi vitamin E dan vitamin B kompleks untuk nutrisi sehari-hari. Kedua jenis vitamin ini memberikan nutrisi, kekuatan khusus pada pertumbuhan rambut.

loading...
5 Cara Alami untuk Mencegah dan Mengatasi Rambut Rontok | admin | 4.5