5 Asupan Makanan Terbaik Bagi Wanita Saat Menstruasi

Makanan Sehat Saat MenstruasiMenstruasi adalah hal yang alamiah bagi wanita yang sehat. Menstruasi sendiri adalah proses keluarnya darah dari dalam rahim yang terjadi karena luruhnya lapisan dinding rahim bagian dalam yang banyak mengandung pembuluh darah dan sel telur yang tidak dibuahi.

Pada saat wanita memasuki siklus menstruasi, biasanya ia akan mengalami beberapa perubahan, baik dari segi fisik mapun psikis. Selain itu, asupan makan yang dikonsumsi juga dapat mempengaruhi kesehatan wanita ketika memasuki periode menstruasi.

Untuk itu, seorang wanita harus memperhatikan asupan makanan mereka ketika memasuki periode menstruasi. Seperti yang dilansir laman Boldsky, berikut ini adalah beberapa asupan makanan yang bisa membantu kondisi kesehatan wanita lebih baik ketika melewati periode menstruasi.

1. Karbohidrat kompleks
Pada saat anda sedang menstruasi, jangan lupa masukkan asupan karbohidrat kompleks seperti buah-buahan, sayuran dan biji-bijian. Tidak ketinggalan masukkan juga apricot, jeruk, dan plum yang akan mengurangi keinginan untuk mengonsumsi makanan manis.

2. Diet kaya zat besi
Anda bisa kehilangan banyak darah selama siklus menstruasi. Diet menstruasi kaya akan zat besi membantu anda mengatasi hal tersebut. Bahkan, dengan makan-makanan yang kaya zat besi anda bisa melawan gejala anemia dan juga menggantikan hemoglobin yang hilang. Untuk memperoleh zat besi, anda bisa mengonsumsi daging merah, daging unggas, kacang kering dan sayuran berdaun hijau dalam diet anda.

3. Dark chocolate
Dark chocolate mengandung antioksidan yang meningkatkan serotonin, yaitu hormon yang memengaruhi mood. Jadi, dark chocolate adalah pilihan yang baik dalam diet anda selama periode menstruasi.

4. Asam lemak esensial
Masalah umum yang anda hadapi selama periode menstruasi adalah kram perut. Untuk menghindari dari masalah kram perut anda harus mengonsumsi diet kaya asam lemak esensial. Untuk asam lemak esensial anda harus mengonsumsi biji rami, biji labu, dan biji bunga matahari. Hal ini karena biji-bijian tersebut berisi asam linolenat yang melemaskan otot-otot rahim dan pada akhirnya juga mengurangi kram perut anda.

5. Makanan bervitamin
Ketika memasuki periode menstruasi, asupan vitamin sangat penting misalnya vitamin E yang dapat membantu menghadapi sindrom PMS. Mengonsumsi kuning telur dan alpukat yang mengandung vitamin E dan B6 membantu mengurangi rasa kembung. Selain itu, vitamin C sangat penting untuk meningkatkan kesehatan sistem reproduksi anda.

loading...
5 Asupan Makanan Terbaik Bagi Wanita Saat Menstruasi | admin | 4.5