4 Tips Cara Mudah Mengatasi Meriang

Cara Mengatasi Gejala Tubuh MeriangMeriang merupakan salah satu gejala tubuh akan sakit flu. Meriang seringkali menyebabkan tenggorokan menjadi terasa perih, bersin-bersin yang diikuti dengan hidung meler. Meriang atau tubuh merasa kedinginan sebenarnya bisa sembuh tanpa harus diobati, namun tentunya anda tidak mau menunggu lama untuk masalah ini karena bisa mengganggu aktivitas keseharian. Karena itu, begitu muncul gejala meriang sebaiknya segera lakukan untuk mengatasi gejala meriang.

Untuk memulihkan kondisi tubuh dari meriang, ada beberapa hal yang bisa kita lakukan.

1. Konsumsi zinc
Mengonsumsi zinc atau seng saat mering sangat diperlukan karena ini termasuk mineral penting yang dibutuhkan agar fungsi tubuh berjalan sempurna. Mengonsumsi seng bisa membantu meningkatkan sistem kekebalan kita.

Beberapa contoh makanan yang banyak mengandung seng, misali tiram, kepiting, udang (dikukus atau direbus), jamur atau bayam.

Namun studi menunjukkan bahwa seng hanya bekerja bila dikonsumsi secepatnya begitu gejala flu muncul. Jadi, begitu hidung mulai meler, secepatnya anda minum obat batuk yang mengandung zinc serta konsumsi makanan-makanan tersebut.

2. Segera istirahat
Segeralah istirahatkan tubuh ketika anda mulai merasakan tanda-tanda flu bakal menyerang. Coba anda atur kembali jadwal kegiatan, dan ganti dengan istirahat yang cukup di tempat tidur.

3. Banyak minum air putih dan teh
Minum air putih sesering bisa membantu menghentikan gejala flu dengan segera. Untuk memastikan tubuh terhidrasi, air putih memang pilihan terbaik. Sebaiknya anda hindari minuman yang manis atau yang bersoda. Minuman lain yang juga dianjurkan misalnya teh hangat atau panas, tanpa gula. Pilih jenis teh yang melawan batuk, seperti teh jahe.

4. Berkumur dengan air garam
Selain bisa meringankan gejala flu, berkumur dengan air garam juga bisa membantu mencegah flu. Larutan garam bisa menarik kelebihan cairan dari jaringan yang meradang di tenggorokan, sehingga membuatnya tidak begitu sakit. Selain itu, berkumur juga akan mengencerkan lendir yang kental, yang bisa menghilangkan iritasi seperti alergen, bakteri, dan jamur, dari tenggorokan.

Apabila kondisi meriang yang anda alami tidak menyebabkan badan terlalu sakit, maka ada baiknya bila anda tetap berolahraga. Latihan akan membantu membangun sistem kekebalan tubuh, sehingga dapat mencegah datangnya flu atau menghentikan gejala flu.

loading...
4 Tips Cara Mudah Mengatasi Meriang | admin | 4.5