4 Tips Cara Menghindari Jet Lag Saat Naik Pesawat

Mabuk pascaterbang atau yang disebut juga dengan istilah Jet lag adalah gangguan sementara yang menyebabkan kelelahan, insomnia, dan gejala lain akibat dari perjalanan udara melintasi zona waktu yang cepat. Mabuk pascaterbang muncul akibat perjalanan cepat lintas meridian (timur-barat atau barat-timur) jarak jauh, sebagaimana yang dilakukan menggunakan pesawat jet.

Gejala yang muncul saat seseorang mengalami jet lag bisa meliputi kecemasan, sembelit, diare, kebingungan, dehidrasi, sakit kepala, lekas marah, mual, berkeringat, masalah koordinasi, dan bahkan kehilangan memori.

Jika anda pernah merasakan jet lag, maka anda pasti tahu bagaimana sulitnya mengembalikan kebugaran tubuh. Reaksi tubuh di jam ‘asing’ terasa sangat nyata. Namun untungnya ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mencegah hal tersebut.

Berikut ini adalah 4 cara simpel untuk menghindari jet lag yang bisa anda lakukan:

1. Sesuaikan kegiatan dengan waktu negara tujuan sebelum berangkat

Jika bisa menukar waktu, sebaiknya mulai menjalani rutinitas sesuai dengan waktu negara tujuan. Mulai tidur lebih awal/lambat dan mengganti jadwal makan. Persiapan sekecil apapun bisa memberikan efek besar dan membantu kita ketika nanti baru sampai di negara tujuan.

2. Ubah waktu di jam

Atur waktu di jam tangan atau handphone kita sesuai dengan tujuan. Hal tersebut bisa membuat kita layaknya sudah tinggal di negara yang ingin kita kunjungi.

3. Hindari sisi pesawat yang terkena matahari

Pesan tempat duduk di pesawat yang kira-kira tidak terkena sinar matahari sehingga kita bisa tertidur dengan mudah. Namun, jika hal tersebut tidak memungkinkan, ambil keuntungan dengan menggunakan penutup mata gratis yang disediakan pesawat atau membawa kacamata hitam yang nyaman dari rumah.

4. Hindari alkohol dan kafein

Meskipun sangat menggoda, setengah botol alkohol dan espresso bisa mengganggu perjalanan lintas benua. Kita akan membayarnya ketika mendarat nanti. Sebaiknya, hindari alkohol dan kafein. Minum air putih saja selama di pesawat.

Itulah 4 tips cara simpel untuk menghindari jet lag yang dapat kami berikan sebagaimana dikutip dari laman huffingtonpost. Selamat mencoba ya..

loading...
4 Tips Cara Menghindari Jet Lag Saat Naik Pesawat | Kabar Rimbo | 4.5