4 Tips Cara Mencegah Anemia atau Kurang Darah

Buah Kismis untuk Mencegah AnemiaAnemia atau kekurangan darah bisa mengganggu aktivitas. Penyebab anemia adalah karena kurangnya zat besi dan vitamin B-12. Untuk memenuhi kebutuhan zat tersebut bisa dilakukan dengan mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin B-12 dan zat besi.

Mengobati anemia tidak cukup dengan pengobatan saja, namun juga diperlukan langkah-langkah pencegahan. Berikut ini adalah beberapa tips cara mencegah anemia yang bisa anda lakukan:

  1. Konsumsi makanan yang banyak mengandung zat besi, misalnya hati, kacang-kacangan, tiram, tahu, sayuran hijau (seperti bayam), daging merah tanpa lemak, ikan dan buah kering seperti kismis.
  2. Konsumsi makanan dan minuman yang bisa membantu meningkatkan penyerapan zat besi dalam tubuh, misalnya jus jeruk, stroberi, brokoli serta buah dan sayuran yang banyak mengandung vitamin C.
  3. Sebisa mungkin hindari minum kopi atau teh saat makan, karena minuman ini bisa mencegah penyerapan zat besi dalam tubuh.
  4. Perbanyak mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin B12, misalnya hati sapi dan tiram, ikan, daging, unggas, telur, susu, dan produk susu lainnya yang mengandung vitamin B12. Beberapa produk sereal, ragi, dan produk makanan lain yang juga mengandung vitamin B12.

Itulah empat cara mencegah anemia yang bisa kita lakukan. Semoga informasi ini dapat bermanfaat.

loading...
4 Tips Cara Mencegah Anemia atau Kurang Darah | admin | 4.5