4 Manfaat Kulit Jeruk

Manfaat Kulit JerukAnda tentu tidak pernah sekalipun ikut serta memakan kulit buah jeruk seperti layaknya terkadang ikut memakan kulit buah apel. Rasanya yang pahit tentu akan menghilangkan selera anda untuk memakan kulit jeruk. Namun, tahukah anda bila kulit buah apel ternyata mempunyai banyak manfaat?

Bila dibanding dengan daging buahnya, kulit jeruk ternyata memiliki 4 kali lebih banyak kandungan serat. Tidak hanya itu saja, namun kulit jeruk juga punya banyak kandungan tangeretin dan nobiletin-flavonoid sebagai zat antikanker, antidiabetes, dan anti-inflamasi.

Hasil dari sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2004 menunjukkan, bahwa kulit jeruk lebih efektif untuk mengurangi kolesterol LDL dibanding obat yang diresepkan. Masih menurut penelitian tersebut, kandungan senyawa flavon polymethoxylated dalam kulit jeruk juga baik untuk mencegah penyakit jantung dan peradangan.

Untuk menambah pengetahuan anda dan keluarga , berikut ini adalah informasi mengenai beberapa manfaat kesehatan yang dapat diperoleh dari kulit jeruk.

1. Obat Bau Mulut dan Sakit Gigi
Mengunyah sepotong kecil kulit jeruk ketimbang permen karet atau penyegar mulut. Untuk meringankan nyeri pada gigi geraham, kunyah sepotong kecil kulit jeruk yang masih segar selama 10 menit sebelum tidur. Segelas air hangat yang diberi potongan kulit jeruk juga bisa membantu merawat gigi sensitif Anda.

2. Mencegah Konstipasi
Kulit jeruk bisa kita gunakan untuk membantu mencegah konstipasi dan mengurangi rasa mual dan mulas. Selain itu, kulit jeruk juga bisa membantu mengeluarkan dahak dan menyembuhkan asma. Kulit jeruk juga membantu melancarkan sirkulasi darah hingga berdampak baik pada tekanan darah dan menyehatkan jantung.

Ada sejumlah cara untuk mengkonsumsi kulit jeruk, misalnya dengan menambahkan serutan kulit jeruk pada olahan makanan. Untuk melancarkan buang air besar, maka anda bisa merebus 12 gram kulit jeruk segar atau 6 gram kulit jeruk kering dengan air secukupnya selama 10 sampai 15 menit. Lalu minumlah 2 kali sehari.

3. Aroma Terapi
Kulit jeruk memiliki aroma wangi yang khas, yang ternyata wangi khas kulit jeruk tersebut bisa kita gunakan sebagai aroma terapi atau campuran potpouri, yang baik untuk mengobati sakit kepala, kecemasan, dan atau depresi.

4. Mencerahkan dan Mencerahkan Wajah
Kulit jeruk bisa membuat kulit wajah anda jadi terlihat lebih bersih dan cerah dengan cara menyerap minyak berlebih serta mengangkat sel-sel komedo dan kulit mati pada wajah. Untuk memperoleh manfaat tersebut, racik masker kulit jeruk dengan cara mencampurkan kulit jeruk kering yang diblender, dan tambahkan susu secukupnya. Aplikasikan masker kulit jeruk ke seluruh wajah dan diamkan selama 30 menit, lalu bilas.

loading...
4 Manfaat Kulit Jeruk | admin | 4.5