4 Kebiasaan Sehat Namun Bikin Tubuh Gemuk

Makanan Sehat Namun Bikin GemukTanpa kita sadari, dari kebiasaan yang kita dan orang banyak anggap sebagai kebiasaan baik ternyata bisa membawa dampak buruk untuk tubuh kita, yaitu justru bisa membuat tubuh kita makin bertambah gemuk. Apa saja itu?

Seperti yang diungkapkan oleh Lisa Young, PhD, yang merupakan seorang ahli gizi di New York sekaligus penulis ‘The Portion Teller Plan’, setidaknya ada 4 kebiasaan sehat yang berpotensi membuat bobot tubuh bertambah gemuk, yaitu:

1. Terlalu Banyak Sereal
Sereal merupakan salah satu makanan wajib bagi mereka yang sedang program diet. Namun demikian, sebaiknya jangan berlebihan mengonsumsi serela. Biasanya, kebanyakan orang yang terlalu lapar akan mengonsumsi sereal 2-3 kali lebih banyak dari porsi yang dibutuhkan. Jangan lupa, biasakan juga untuk mengonsumsi camilan sehat di antara waktu makan agar saat makan tiba anda tidak makan dalam kondisi kelaparan, sehingga sereal yang anda konsumsi pun tidak berlebihan.

2. Isian Roti yang Tinggi Kalori
Sama halnya dengan sereal, roti pun sering dianggap sebagai menu untuk sarapan sehat, terutama roti gandum. Namun apabila anda menggunakan isian yang berlebihan seperti krim keju atau kentang goreng, maka bisa dipastikan bahwa kalori yang anda konsumsi justru akan berlebihan dan itu artinya lebih berpotensi menambah berat badan.

3. Yogurt dengan Tambahan Rasa
Untuk menambah rasa, maka ditambahkanlah banyak gula agar terasa lebih nikmat saat dikonsumsi. Ini artinya bahwa yogurt dengan rasa-rasa tersebut mengandung lebih banyak kalori bila dibandingkan yogurt plain atau yoghurt tanpa rasa. Jika anda mengonsumsi yogurt tanpa rasa dan ingin menambahkan cita rasa lain, maka sebagai alternatif anda bisa menambahkan potongan buah segar di dalamnya.

4. Jus dengan Tambahan Gula
Bagi mereka yang sedang menjalankan program diet, jus atau smoothie ini merupakan salah satu minuman favorit. Tingginya kandungan serat, vitamin serta mineral yang memadai di dalamnya menjadikan minuman ini sehat untuk dikonsumsi. Namun anda perlu waspada. Pasalnya, sebagian besar jus buah dan smoothie dicampur dengan banyak gula dan susu kental manis berlemak. Apalagi bila jus yang anda beli tersebut bukan buatan sendiri, alias membeli di pinggir jalan misalnya.

Alih-alih berat badan turun, yang ada malahan berat badan anda semakin naik saat di timbang. Karena itu, lebih baik buat sendiri jus di rumah. Atau kalau harus membeli minuman jus, mintalah agar tidak ditambahkan gula dalam jus tersebut. Setidaknya anda bisa membawa sendiri pemanis buatan rendah kalori jika anda ingin memberikan sensasi manis pada minuman favorit anda.

loading...
4 Kebiasaan Sehat Namun Bikin Tubuh Gemuk | admin | 4.5