4 Faktor Penyebab Sembelit Pada Ibu Hamil

Faktor Penyebab Sembelit pada Ibu HamilSembelit adalah keadaan dimana seseorang mengalami pengerasan tinja sehingga menyebabkan susah buang air besar dan ketika keluar akan menimbulkan rasa sakit yang hebat.

Penyebab sembelit yang paling umum adalah karena pola makan yang tidak baik, misalnya kurang mengonsumsi cairan. Sembelit juga sering terjadi pada wanita yang sedang hamil yang mana hal ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor.

Seperti yang dikutip dari laman Foxnews, setidaknya ada empat hal yang jadi penyebab sembelit. Berikut di antaranya:

1. Progesteron tinggi
Menurut Dr Mary Rosser, asisten profesor di departemen obstetri dan ginekologi dan kesehatan perempuan di Montefiore Medical Center di New York, pada masa kehamilan, sembelit paling sering tejadi pada ibu hamil saat trimester awal dimana hormon progesteron sedang memiliki kekuatan penuh. Sejak progesteron melepaskan otot polos dari jalur pencernaan, makanan bergerak sangat lambat melalui usus sehingga menyebabkan sembelit.

2. Zat besi dan vitamin
Ibu hamil biasanya akan disarankan untuk mengonsumsi tambahan vitamin dan zat besi. Padahal, konsumsi zat besi tambahan dari vitamin prenatal ini bisa menyebabkan efek samping, yaitu sembelit pada ibu hamil.

3. Diet ibu hamil
Diet pada ibu hamil ternyata juga bisa menyebabkan sembelit, demikian menurut Ahli Diet Sarah Krieger. Terutama saat sebagian besar ibu morning sickness sehingga tidak makan makanan yang mengandung serat tinggi selama trimester pertama.

4. Cemas dan stres
Ibu hamil harus menjaga emosinya. Selain untuk bayinya, hal ini juga akan berpengaruh terhadap kondisi kesehatan ibu hamil. Kecemasan dan stres seperti khawatir terjadi keguguran, menjadi ibu, atau segala sesuatu bisa menyebabkan sembelit. Terlebih lagi bila sebelum hamil ibu sudah sering mengalami sembelit, kemungkinan besar sembelit akan menjadi masalah yang lebih besar juga selama kehamilan.

loading...
4 Faktor Penyebab Sembelit Pada Ibu Hamil | admin | 4.5