4 Cara Mencegah Varises pada Ibu Hamil

Cara Mencegah Varises Pada Ibu HamilVarises merupakan salah satu gangguan kesehatan yang sering dialami oleh ibu hamil. Penyebab varises pada ibu hamil adalah karena adanya tekanan dari rahim kepada pembuluh darah vena besar (inferior vena cava) yang membawa darah kembali ke jantung dari kaki. Selain akibat karena tekanan dari rahim, varises juga bisa muncul akibat perubahan hormon. Saat hamil terjadi peningkatan hormon progesteron yang mengakibatkan perubahan fisik dan psikis. Namun kondisi ini umumnya tidak berbahaya bagi kehamilan.

Untuk mencegah dan menghilangkan varises pada ibu hamil, ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Berikut ini di antaranya:

1. Rajin olahraga
Rajin olahraga merupakan salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi varises pada ibu hamil. Namun karena ibu hamil tidak diperbolehkan melakukan aktivitas yang berat, maka ibu hamil bisa melakukan olahraga yang ringan saja. Beberapa jenis olahraga ringan yang dianjurkan adalah bersepeda, jalan kaki, berenang atau bisa juga melakukan olahraga walking lunge.

2. Gaya hidup sehat
Selain rajin melakukan olahraga, menjaga gaya hidup sehat juga diperlukan untuk mencegah varises juga merupakan cara yang sangat baik untuk mencegah varises selama kehamilan. Peningkatan berat badan dan berdiri lama atau duduk berkontribusi menjadi faktor risiko varises saat hamil.

3. Diet yang sehat
Melakukan diet sehat dengan memperbanyak buah-buahan dan sayuran, protein tanpa lemak dan serat dapat mengelola berat badan Anda saat hamil. Buah yang tinggi vitamin C juga akan membantu mencegah varises karena vitamin C dapat membantu memperkuat pembuluh darah.

4. Hindari pakaian ketat
Penggunaan pakaian ketat dapat berkontribusi membentuk varises karena akan membatasi aliran darah. Olah karenanya, ibu hamil sebaiknya menghindari menggunakan pakaian ketat. Selain itu, juga hindari berdiri lama atau duduk dan jika Anda sedang duduk, jaga kaki tetap tinggi.

loading...
4 Cara Mencegah Varises pada Ibu Hamil | admin | 4.5