4 Cara Alami Mencegah Rambut Rontok

Gambar Rambut Rontok. Cara Mencegah Rambut RontokRambut rontok bisa terjadi pada siapa, tidak perduli pria atau wanita, sudah tua ataupun masih muda. Penyebab rambut rontok pun ada banyak, bisa karena faktor makanan, salah memilih sampo, gaya hidup hingga karena faktor keturunan atau genetis.

Rambut rontok bukannya tidak bisa dicegah. Karena sebenarnya ada beberapa cara alamiah untuk mencegah rambut rontok tersebut. Berikut ini di antaranya:

1. Masker rambut dengan minyak hangat
Untuk mencegah rambut rontok, minyak dari bahan alami seperti minyak kelapa, minyak jagung, atau minyak zaitun bisa Anda gunakan. Cara menggunakannya, hangatkan (jangan sampai panas sekali) minyak tersebut. Selanjutnya oleskan pada akar rambut, tutup dengan shower cap, biarkan selama beberapa menit, kemudian bersihkan dengan shampoo.

2. Masker jus buah
Tidak hanya enak dimakan, beberapa buah dan sayur yang di-jus juga bisa digunakan sebagai obat perawatan rambut. Misalnya, jus bawang putih, bawang merah, dan jahe, yang dicampur dengan perasan jeruk. Oleskan pada kulit kepala, prosesnya sama seperti menggunakan minyak hangat.

3. Gunakan antioksidan
Antioksidan adalah nutrisi yang terkandung di dalam makanan yang mencegah atau memperlambat kerusakan sel.

Antioksidan bisa didapat dari teh hijau, wortel, jambu biji, pepaya, susu, yoghurt, ataupun sayuran berwarna hijau. Untuk perawatan rambut rontok praktis, gunakan saja teh hijau. Setelah teh diseduh, tuangkan perlahan pada kulit kepada dan rambut. Biarkan sejenak, kemudian bilas sampai bersih dengan shampoo.

4. Pijat kepala
Saat dipijat, tubuh akan mengeluarkan zat endorphin yang menenangkan. Pijat juga bermanfaat untuk melancarkan peredaran darah. Karena itu, salah satu cara mencegah kerontokan rambut adalah dengan rutin memijat kepala, khususnya saat menggunakan shampoo.

loading...
4 Cara Alami Mencegah Rambut Rontok | admin | 4.5