11 Langkah Cara Mudah untuk Mengatasi Susah Tidur

Gambar Orang Susah Tidur. Cara Menghilangkan Kebiasaan Susah Tidur MalamMengalami susah untuk tidur saat malam hari atau yang biasa kita kenal juga dengan istilah insomnia ini memang menyebalkan. Karena jika kita kurang tidur saat malam hari maka efeknya adalah mengantuk pada keesokan harinya yang akhirnya ini bisa mengganggu aktivitas ataupun pekerjaan.

Namun jika Anda termasuk salah satu orang yang biasa mengalami masalah susah tidur ini, Anda jangan khawatir. Anda bisa mencoba 11 langkah sederhana unuk mengatasi masalah sulit tidur malam hari berikut ini:

1. Perhatikan kebersihan, seperti cuci muka, cuci kaki dan kebersihan bagian tubuh yang lain. Hal ini akan membuat kita merasa nyaman sehingga dapat tidur nyenyak

2. Usahakan menetapkan waktu tidur dan bangun. Tidur dan bangunlah pada waktu yang sama setiap hari, juga di hari libur. Biasakan menepati jadwal itu, agar pola tidur Anda normal kembali. Hindari tidur siang.

3. Agar fisik Anda lebih lelah, cobalah melakukan olah raga di siang atau sore hari. Hal ini dapat memudahkan istirahat/tidur.

4. Hentikan kebiasaan minum kopi, teh, cola dan minuman lain yang mengandung kafein, terutama di sore dan malam hari saat akan tidur.

5. Hindari mengkonsumsi alkohol berlebihan. Pada awalnya, alkohol memang membuat mengantuk, tapi nanti Anda akan terbangun di tengah malam dan sulit tidur kembali.

6. Minumlah minuman yang hangat pada saat jam menjelang tidur.

7. Hindari makan terlalu kenyang atau terlalu sedikit, karena itu akan membuat perut merespon secara tidak normal.

8. Bila Anda bekerja di sore hari, berhentilah setidaknya satu jam sebelum jam tidur Anda.

9. Pastikan membuat tempat tidur Anda nyaman dan ventilasi kamar tidur baik.

10. Saat Anda akan pergi tidur, cobalah mengatur cahaya lampu kamar tidur menjadi remang-remang. Hal ini akan merangsang otak memproduksi melatonin, yang membimbing mata untuk terpejam.

11. Meski Anda sering mengalami susah tidur saat malam hari namun jangan menggunakan obat tidur, apalagi jika tanpa anjuran dokter. Jika ini dilakukan, justru insomnia akan tetap resistan. Pemakaian obat tidur seringkali hanya sebagai pereda sementara, sehingga jika habis waktu berlakunya maka akan kembali insomnia.

loading...
11 Langkah Cara Mudah untuk Mengatasi Susah Tidur | admin | 4.5