Penyebab Kentut Beraroma Bau Busuk


Bagikan hanya KALAU bermanfaat ke:
Facebook | Twitter | Google +

Penyebab Kentut Sangat Bau BusukAda orang yang ketika buang gas atau kentut tidak menimbulkan bau sama sekali, namun ada juga yang menimbulkan bau, bahkan bisa jadi aroma kentutnya tercium sangat busuk. Lalu apa yang menyebabkan kentut itu bau?

Menurut dr Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH, MMB dari Departemen Penyakit Dalam Divisi Gastroenterologi RS Cipto Mangunkusumo, seperti yang dikutip dari laman detikHealth, kentut adalah gas hasil metabolisme usus, makanan yang kita makan sehari-hari akan menghasilkan kotoran, dari kotoran ini usus akan menyaring gasnya dan dibuang menjadi kentut, sehingga menimbulkan bau.

Selain itu, bau yang tidak wajar pada kentut juga bisa disebabkan oleh beberapa hal, yakni terlalu banyak mengonsumsi daging atau karena ada infeksi pada saluran pencernaan.

Gas yang terkandung dalam kentut adalah karbondioksida, hidrogen sulfida dan merkaptan. Senyawa-senyawa tersebut mengandung sulfur yang berkontribusi pada bau kentut. Makin banyak bakteri meproduksi kedua senyawa tersebut di dalam perut, maka akan semakin busuklah bau kentut Anda. Jika daging dan telur menyumbang bau kentut, maka kacang-kacangan menyumbang volume kentut.

Komposisi Kentut

Gas yang terkandung dalam kentut adalah karbondioksida, hidrogen sulfida dan merkaptan. Senyawa-senyawa tersebut mengandung sulfur yang berkontribusi pada bau kentut. Semakin banyak bakteri memproduksi kedua senyawa tersebut di dalam perut, maka akan semakin busuklah bau kentut Anda. Jika daging dan telur menyumbang bau kentut, maka kacang-kacangan menyumbang volume kentut.


Pencarian populer:
apa penyebab kentut yg sangat bau, kenapa sering kentut dan bau, kentut bau, kentut busuk, penyebab kentut, penyebab kentut bau, penyebab kentut bau sekali, yang menyebabkan kentut bau itu apa sih?

You might also likeclose